Linmas Diperintahkan Awasi Teroris - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Linmas Diperintahkan Awasi Teroris

Linmas Diperintahkan Awasi Teroris

Written By Admin Raka on Kamis, 17 Mei 2018 | 16.30.00

KARAWANG, RAKA - Meski tidak secara langsung diungkapkan namun hampir merata berbagai elemen, baik lapisan masyarakat maupun instansi pemerintahan melakukan koordinasi merapatkan barisan menjaga cela masuknya pontensi aksi terorisme ke Karawang.

Seperti dilakukan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dengan pasukan linmasnya, kemarin, secara tegas mengingatkan agar pelindung masyarakat di tingkat lingkungan itu meningkatkan kewaspadaan. Peranannya sebagai pengawas lingkungan amat dibutuhkan saat ini untuk mewaspadai lingkungannya masing-masing. "Linmas itu mempunyai tugas membantu aparat pemerintah dalam memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat," tandas Kabid Linmas Satpol PP Supriatna.

Sejauh ini, lanjut Supriatna, Satpol PP sudah melakukan pembinaan mengenai tugas dan fungsi Linmas. Melalui pembinaan tersebut diharapkan bisa terus meningkatkan kualitas dan tanggung jawabnya sebagai pengabdi masyarakat. "Kita sudah menghimbau linmas supaya aktif lagi. Apalagi sekarang terorisme sudah muncul kembali. Untuk itu, kita harus pantau lingkungan dan melakukan koordinasi dengan para bhabinsa dan aparat keamanan lainnya. Karena tugas linmas membantu masyarakat dan aparat," tegasnya.

Apalagi tambah Supriatna, memasuki bulan suci ramadan ini, peran linmas menjadi garda terdepan masyarakat dalam melakukan pengawasan keamanan dan ketertiban. "Kita terus ingatkan linmas untuk kegiatan siskamling," ucapnya dan menambahkan peran penting lain linmas selain penanggulangan dan penanganan pengungsi juga membantu kegiatan sosial kemasyarakatan.
Dengan adanya kegiatan yang direncanakan pemerintah daerah (pemda) Karawang, kata Supriatna, peran linmas dalam melakukan penjagaan juga perlu utamakan disekitaran tugas dimasing-masing wilayahnya. "Linmas bisa bertugas di perparkiran dalam kegiatan-kegiatan di masing-masing wilayah," katanya.

Hal itu, kata Supriatna, mengingat fungsi linmas sendiri untuk membantu memelihara dan meningkatkan kondisi dan tata tertib di kalangan masyarakat, membantu masyarakat menanggulangi dan mengurangi akibat yang ditimbulkan oleh gangguan keamanan dan bencana alam yang dapat mengakibatkan kerugian jiwa dan harta benda, membantu membina masyarakat untuk mempertinggikan kesadaran hukum, daya tahan serta daya lawan masyarakat dalam mencegah dan menghadapi segala macam pelanggaran dan kejahatan. (apk)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template