Linda Sudah 14 Tahun jadi Guru Honor - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , , » Linda Sudah 14 Tahun jadi Guru Honor

Linda Sudah 14 Tahun jadi Guru Honor

Written By Admin Raka on Rabu, 02 Mei 2018 | 15.30.00

KARAWANG, RAKA - Sesuai dengan amanat Undang Undang Dasar 1945 alinea ke-4, salah satu tujuan negara adalah mencerdaskan  kehidupan bangsa. Misi ini tentunya mustahil bisa direalisasikan tanpa adanya guru. Karena tanpa guru, maka tak ada dokter, pengacara, polisi, dan profesi-profesi lain.

Saat guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) sudah bisa menghela nafas lega, ternyata masih banyak tenaga pendidik lain yang hanya bisa gigit jari yaitu guru honorer. Bahkan setiap tahun guru honorer banyak diberi janji dan wacana oleh pemerintah untuk bisa memperbaiki kesejahteraan mereka. Tapi nyatanya nasib mereka masih belum berubah secara signifikan.

Sebut saja, Linda Siti Khotimah (36), sudah 14 tahun mengabdikan diri menjadi guru honor, namun hingga saat ini belum ada kejelasan kapan akan di jadikan PNS di bidang keguruan.

Tak seperti Oemar Bakrie di lagu Iwan Fals yang gajinya selalu dikebiri, penghasilan guru PNS saat ini sudah lumayan tinggi. Untuk PNS golongan III dengan masa kerja 6 tahun saja gaji pokoknya sekitar Rp2,6 juta perbulan. Untuk golongan IV gaji pokoknya sekitar Rp3,1 juta perbulan. Itu belum termasuk tunjangan-tunjangan lain dan sertifikasi yang hampir sebesar gaji pokok setiap bulannya. Sementara itu guru honorer yang tidak digaji oleh negara masih tetap gigit jari. "Harapannya saya masih berharap tetap semangat menjalani hari ini sebagai guru honorer yang tetap mendedikasikan hidup saya untuk memberikan pengajaran," ungkap Linda, sapaan akrab guru yang humoris itu.

Dia menyampaikan, selama 14 tahun mengabdi sebagai guru honor, sudah beberapa sekolah disinggahinya, seperti di SDN 1 Cintalaksana 2 dari tahun 2004 sampai dengan tahun 2010,  di SDN Mekarbuana 2 dari tahun 2010 sampai dengan 2013 dan di SDN Cintawargi 1 dari tahun 2013 Sampai dengan tahun 2018.

Ketika disinggung, berapa gaji yang di dapat, Linda sambil tersenyum menyampaikan, ada beberapa kali perubahan gaji dari Rp100.000 perbulan hingga mengalami kenaikan sampai Rp500.000 perbulan di tahun 2018 ini. "Selama ini, sudah
6 kali coba adu peruntungannya menjajal diri ikut dalam seleksi penjaringan CPNS, akan tetapi hingga kini, keberuntungan belum berpihak," ujarnya.
Masih dikatakan Linda, jadi guru honor itu penuh suka dan duka. Bisa mengaplikasilan ilmu yang sudah dipelajari waktu sekolah dan kuliah dulu, dapat gaji atau honor walau tidak terlalu banyak, dapat pahala, ilmunya bermanfaat, juga mendapatkan pengetahuan dan pengalaman baru.

Selain itu, ada hal lain yang membuat dirinya betah menjadi guru. Diantaranya bisa bertemu banyak orang dengan aneka karakter dan segala permasalahannya. Ganti tahun biasanya ganti murid, berganti dan bertambah pula pengalaman yang diperoleh. "Meski guru honorer dengan gaji yang tidak sepadan akan tetapi tetap membuat semangat bagi saya yang penting, ilmu yang dapatkan bisa sangat berarti bagi masa depan anak-anak di Karawang selatan yang kami cintai," tutupnya. (yfn)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template