Limbah Medis 5 Bulan Belum Dimusnahkan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Limbah Medis 5 Bulan Belum Dimusnahkan

Limbah Medis 5 Bulan Belum Dimusnahkan

Written By Admin Raka on Kamis, 31 Mei 2018 | 18.00.00

Puskesmas Tirtajaya: Belum Ada yang Mengambil

TIRTAJAYA, RAKA- Limbah medis di Puskesmas Tirtajaya sudah 5 bulan disimpan di gudang penyimpanan puskesmas. Padahal seharusnya, dalam penanganan limbah B3 infeksius, peraturan kementrian lingkungan hidup hanya memberi waktu 2x24 jam harus sudah dimusnahkan.

Salah satu staf Puskesmas Tirtajaya, Suhendar menyebutkan, sejak bulan Januari limbah tersebut terus diendapkan di gudang penyimpanan yang sengaja dibuat oleh pihak puskesmas. Bukan tanpa alasan, karena belum ada yang coba mengambil. "Sudah ada informasi untuk pengambilan surat, agar sampah medis tersebut segera dibuang, namun kehalang libur. Jadi kami belum sempat mengambil suratnya," kata petugas Kesehatan Lingkungan (Kesling) tersebut kepada Radar Karawang.

Dirinya mengungkapkan, jika limbah B3 yang berada di gudang penyimpanan Puskesmas Tirtajaya hingga saat ini lebih dari satu kuintal, hal tersebut karena setelah pelaksanaan Outbreak Response Immunization (ORI) sebelumnya. "Setelah kegiatan program ORI ke sekolah-sekolah, hingga saat ini belum juga di buang, jadi menumpuk," katanya.

Lebih parahnya, tumpukan limbah tersebut bukan hanya dialami oleh Puskesmas Tirtajaya tempatnya berkerja, kondisi tersebut juga dialami oleh seluruh puskesmas yang ada di Kabupaten Karawang.
 Karena menurutnya, keadaan tempat penyimpanan limbah infeksius di setiap puskesmas tidak akan jauh berbeda dengan kondisi di Puskesmas Tirtajaya.

"Karena kami gak mungkin terus fokus mikirin limbah, kala kami dianggap melanggar, berarti seluruh puskesmas di Kabupaten Karawang pun sama melanggar aturan," kata Suhendar.

Hingga saat ini, dirinya berharap ada solusi baik untuk menangani limbah infeksius tersebut, agar dengan adanya kejadian tersebut pihak terkait dapat benar-benar serius dalam menangani persoalan limbah tersebut. (rok)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template