Lebih Untung Tanam Sayur Ketimbang Padi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Lebih Untung Tanam Sayur Ketimbang Padi

Lebih Untung Tanam Sayur Ketimbang Padi

Written By Admin Raka on Selasa, 15 Mei 2018 | 14.00.00

PANGKALAN, RAKA - Menanam sayuran ternyata lebih menguntungkan ketimbang menanam padi. Alasan ini yang membuat sejumlah petani di Dusun Tegalsimet, Desa Medalsari, Kecamatan Pangkalan menanami sawah mereka dengan tanaman kacang panjang, timun dan pare.

"Daripada Idul fitri nanti kita tidak punya uang lebih baik menanam sayuran. Peluang gagalnya lebih kecil ketimbang menanam padi," terang Kasan (34), Senin (14/5) petani Tegalsimet yang memiliki menanami sawahnya dengan sayuran karena peluang berhasilnya lebih besar ketimbang menanam padi. Kasan menambahkan jika menghadapi musim kemarau ini ada baiknya petani pun beralih sementara sebagai petani sayur-sayuran.

Seperti juga yang dilakukan Habiburohmah (54) juga petani Tegalsimet. Dia menanami sawahnya dengan timun. Kegiatan sudah dilakukannya dua minggu ini. “Saya tanam timun selama dua minggu ini. Panen timun bisa tiga kali. Untuk tanaman seribu pohon bisa sampai lima kwintal dalam satu kali panen dengan harga paling rendah Rp 4000/kg, dan saat menjelang hari-hari besar bisa mencapai Rp 10.000/kg - Rp 12.000/kg,” ungkapnya.

Selain menjadi petani sayuran cukup menguntungkan juga cara merawat tanaman ini tidak begitu sulit dibandingkan dengan merawat padi. Petani cukup menyemprotkan obat pengusir hama ulat selama satu minggu sekali bahkan bisa sampai sepuluh hari sekali. Dengan jarak tanam menuju panen yang cukup singkat sekitar 2 bulan membuat biaya produksi cukup minim, tidak perlu bayar jasa traktor dan tanam padi juga. "Biasanya pembeli langsung datang ke kebun bahkan hampir semua hasil panen kita dibeli sehingga kita tidak kerepotan harus mencari pasar," ucapnya. (yfn)


Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template