KPU Akan Bagikan Suket - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » KPU Akan Bagikan Suket

KPU Akan Bagikan Suket

Written By Admin Raka on Jumat, 25 Mei 2018 | 17.00.00

KARAWANG, RAKA - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) mendistribusikan ribuan Surat Keterangan (Suket) bukti kepesertaan pemilu melalui Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karawang. Pemegang suket tersebut secara otomatis sudah terdaftar sebagai pemilih calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat Juni mendatang.

Divisi Perencanaan Program Data dan Teknis KPU Miftah Farid menyampaikan itu kepada Radar Karawang, Kamis (24/5). "Pemilih yang memang sudah ada dalam data base kependudukannya dan telah terdaftar sebagai pemilih meskipun belum memiliki KTP secara fisik. Maka wajib hukumnya saat pelaksanaan di hari H harus membawa bukti jika yang bersangkutan memiliki kartu tanda penduduk," tandas Miftah.

Mifrah menambahkan, hal itu berdasarkan keputusan Dirjen Kemendagri bahwa catpil boleh mengeluarkan Suket pengganti KTP elektronik dan Suket yang diperlukan untuk kepentingan pemilihan. Sebab, kata Farid, di Karawang sendiri banyak warganya yang belum melakukan perekamana KTP. Sehingga dengan respon cepat Disdukcatpil pihaknya langsung mengeluarkan suket. "Pemilih ada yang sudah melakukan perekaman ada juga yang sudah tetapi belum mendapatkan penunggalan NIK dan jumlahnya mencapai 17.201 warga. Dari jumlah tersebut 9.459 suket pengganti KTP-e dan 7.742 suket manual yang terdaftar di data base kependudukan," katanya.

Ditambahkan Miftah, suket yang diserahkan Disdukcapil semuanya sudah tersortir berdasarkan kecamatan dan desa nantinya petugas dari KPU yang akan menyerahkan kepada masyarakat. "Kita kerahkan PPK dan PPS yang melakukannya satu atau dua hari kita berikan mekanismenya, dan penyerahan kesetiap orang yang bersangkutan langsung," ucapnya.

Dihubungi secara terpisah Kepala Bidang Pendaftaran Kependudukan Disdukcatpil Lilis Jayasutisna menyampaikan, agenda yang dilakukannya di KPU bersama aparat Disdukcatpil hanya memberikan Suket untuk kebutuhan pemilihan kepala daerah mendatang. "Kita hanya menyerahkan surat keterangan sebanyak 17.201 bagi yang sudah rekam dan telah penunggalan. Ada sekitar 1.300 yang usianya belum cukup umur sampai 17 tahun tetapi pas hari H nanti telah masuk pemilih itu disiapkan suketnya," ucapnya. (apk)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template