KPM Bingung Cara Gunakan Kartu BPNT - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » KPM Bingung Cara Gunakan Kartu BPNT

KPM Bingung Cara Gunakan Kartu BPNT

Written By Admin Raka on Senin, 28 Mei 2018 | 15.30.00

KARAWANG, RAKA - Ternyata masih ada warga yang menjadi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) program pengganti bantuan sosial beras sejahtera (Rastra) yang belum mengerti program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Banyak diantara mereka yang semula menolak diberikan kartu dengan alasan kedatangan mereka bukan untuk minta kartu tetapi uang.

Seperti diungkapkan Ijah Utamaraya (56) warga Kelurahan  Adiarasa Barat, Kecamatan Karawang Barat. Dia mengaku sebelumnya didatangi ketua RT di lingkungannya dan disuru datang mengambil sembako bantuan sosial pemerintah. "Saya tidak tahu dikasih kartu ini buat apa, tadi pagi kata ketua RT suruh ke kecamatan untuk ambil sembako itu aja informasinya," ucap Ijah kepada Radar Karawang, Minggu (27/5).

Kata Ijah, sekalipun dirinya sudah terdaftar menjadi warga penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), namun sampai kartu BPNT diteriamanya sampai saat ini pemerintah belum memberitahu warga apa fungsi dan kegunaan kartu yang diberikan itu. "Saya tidak tahu bagaimana menggunakan kartunya. Tetapi kita mah ngikuitin saja," ujarnya. Senada itu disampaikan Titin (36) juga warga Adiarsa Barat sempat berpikir ulang untuk mengantre di kantor Kecamatan Karawang Barat, sebab pihaknya merasa kebingungan dengan informasi yang diterima dengan bukti lapangan yang mmebuatnya geleng kepala. "Saya juga tidak tahu kesini mau ngapain, tapi informasinya sih mau ada pembagian sembako," ucapnya.

Kalaupun sembako dibenarkan olehnya telah diberikan pihak kecamatan, namun dalam  dirinya bertanya-tanya kenapa  bentuknya seperti kartu perbankan."Kalau dikasih tahu dari awal mah gak bakalan kaget. Tetapi seharusnya disosialisasikan dulu, sehingga kami-kami juga mengerti," papaprnya.

Kasi Kesos Kecamatan karawang Barat, Dasman S.Sos menyampaikan,  pada intinya sekalipun masyarakat itu tidak diberikan sosialisasi terlebih dahulu oleh pemrintah, kegunaan kartu BPNT itu adalah sebagai alat tukar yang nanatinya digunakan kepada e-warung yang akan disediakan disetiap Kelurahan. "Kartu itu sebagai alat tukar untuk mendapatkan beras, telur dan lainya. Jadi tidak perlu pemahan dan pembekalan secara detail tentang teknis, karena RT dan RW nantinya akan diberitahu bahwa kartu BPNT nanti bisa ditukar ke e-warung, dan PSM akan standbay ditempat penukaran itu," katanya.

Dasman juga mengakui dari total sebanyak 7.989 Keluarga Penerima Manfaat BPNT di wilayah Kecamatan Karawang Barat rata-rata tidak mengetahui akan fungsi dan kegunaan kartu yang diberikan pemerintah. (apk)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template