Koper Honor Guru Ngaji Tertukar - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Koper Honor Guru Ngaji Tertukar

Koper Honor Guru Ngaji Tertukar

Written By Admin Raka on Kamis, 31 Mei 2018 | 12.00.00

Distribusi Insentif Molor Dua Jam

LEMAHABANG WADAS, RAKA - Ratusan guru ngaji, guru DTA, RA, MTs, MI dan amil dari Kecamatan Lemahabang dan Telagasari sudah bersemangat menerima insentif dari Pemerintah Kabupaten Karawang sejak pagi buta, Rabu (30/5).

Namun, jadwal undangan penerimaan insentif dengan nominal Rp800 ribu sampai Rp1,2 juta tersebut, mangkrak dari jadwal semula sekitar pukul 09.00. Pasalnya, pihak Bank Jabar Banten (BJB) yang dikawal aparat kepolisian dan Bagian Kesra Pemkab Karawang ini baru tiba di lokasi sekira pukul 10.00. Parahnya, saat hendak mendistribusikan honor, para pegawai BJB nampak kebingungan setelah membuka koper. Pasalnya koper tersebut diduga tertukar atau salah ambil, akhirnya pendistribusian dihentikan, karena para pejabat BJB kembali lagi ke kantor cabangnya untuk menukarkan koper berisi uang tersebut.

Amil asal Desa Karyamukti, Ustad Satibi mengatakan, dalam undangan jadwal semula pengambilan insentif yang bersamaan dengan Kecamatan Telagasari ini adalah pukul 09.00. Namun para guru ngaji, DTA, amil dan guru TPQ yang sudah hadir sekitar pukul 08.00, justru disuguhkan budaya ngaret, karena pihak BJB baru datang sekitar pukul 10.00. Saat semuanya bersyukur karena pihak bank sudah datang dan mulai ada pemanggilan antrean, hanya berselang 10 menit, distribusi dipending lagi. Musababnya pihak BJB justru keluar ruangan dan bergegas kembali membawa koper bersama pengawalan aparat kepolisian. Bahkan, santer kabar bahwa koper yang dibawa itu tertukar atau keliru, yang kemungkinkan itu adalah koper berisi uang dari kecamatan lainnya. Atas kejadian itu, pihaknya sangat menyayangkan keteledoran BJB dalam pendistribusian hak para tokoh agama di desa ini. Betapa tidak, hanya dengan honor insentif Rp800 ribuan sampai Rp1,2 juta per tahun saja, justru melakukan kesalahan hingga membuat ratusan guru ngaji dari dua kecamatan ini menunggu berjam-jam, atau molor 2 jam dari jadwal sebelumnya. "Kita diundang jam 9, BJB baru datang pukul 10.00. Sudah datang bukannya mendistribusikan karena sudah antre ratusan, eh malah balik lagi ke kantor cabangnya," kata Satibi kepada Radar Karawang, Rabu (30/5) kemarin.

Camat Lemahabang Hamdani mengatakan, BJB dengan Kesra dan aparat kepolisian yang mengawal uang ratusan juta ke Kecamatan Lemahabang, diakuinya baru sampai agak siangan. Tapi, setelah sampai saat koper dibuka, ternyata ada kesalahan. Sebab koper berisi uang itu bukan hak dari Lemahabang dan Telagasari, karena kemungkinan dari kecamatan lainnya. Sehingga pihak BJB balik lagi ke kantor cabang, karena koper yang dibawa itu tertukar. Hasilnya masyarakat penerima harus rela menunggu dan antre berjam-jam. Mungkin sebut Hamdani, bisa saja koper itu didistribusikan langsung tanpa harus ditukar. Tapi namanya bank tetap sudah dalam perhitungan yang tidak ada kekurangan dan kelebihannya. Sehingga mau tidak mau kalau sudah tertukar harus dikembalikan. "Iya katanya ada yang tertukar sih, jadi warga penerima menunggu lagi," katanya.

Sani, pegawai BJB Cabang Karawang, mengaku baru tahu informasi tersebut dan mempertanyakan kembali kapan terjadinya. Namun saat ditanya kebenarannya hasil penelusuran Radar Karawang di Kecamatan Lemahabang, sampai berita ini ditulis, yang bersangkutan sudah tidak lagi memberikan balasannya. "Saya baru tahu infonya, kapan kejadiannya?" Singkatnya.

Wakil Bupati Karawang Ahmad Jimmy Zamakhsyari saat disinggung ngaretnya jadwal distribusi insentif guru ngaji di Lemahabang, mengaku siap menindaklanjuti keteledoran BJB untuk sebatas mendistribusikan insentif guru ngaji tersebut, dan menyesalkan bahwa guru ngaji harus menunggu lama antre di lokasi tersebut. "Astagfirullah, parah itu. Kita siap menegur dan menindaklanjuti supaya jangan dibiasakan teledor seperti itu," katanya. (rud)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template