Kemarau Sajikan Jalan Berlubang - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Kemarau Sajikan Jalan Berlubang

Kemarau Sajikan Jalan Berlubang

Written By Admin Raka on Kamis, 24 Mei 2018 | 13.30.00

TELUKJAMBE TIMUR, RAKA - Pasca musim hujan sejumlah ruas jalan di Kampung Kalipandan, Desa Sukaluyu, Kecamatan Telukjambe Timur menyisakan jalan berlubang dan berkeroak. Untungnya Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) sudah melakukan penambalan sehingga saat memasuki musim mudik mendatang kondisi jalan sudah bagus. Sampai saat ini sudah ada 10 titik yang sudah dikerjakan dinas tersebut di wilayah kecamatan tersebut.

"Kemarin tambal sulam dilakukan di jalan utama Desa Wadas. Ada 13 titik yang dilakukan penambalan," ucap petugas lapangan PUPR Asep, Rabu (22/5) kepada Radar Karawang.
Asep menambahkan, setelah penambalan di Desa Wadas kini PUPR mulai menambal jalan berlubang dan berkeroak di wilayah Desa Sukaluyu yaitu di jalan Dusun Kalipandan. "Untuk Jalan Telukjambe dekat Bintang Alam malah sudah lebih dulu dikerjakan," ucap Asep.

Masih dikatakan Asep hingga kemarin sudah ada 23 jalan yang sudah diperbaiki. Sisanya akan dikerjakan lagi secara bertahap. Seperti di Jalan Perumnas Telukjambe permai yang mulai berlubang karena debit air yang naik hingga ke muka jalan saat bangkitkan rencananya juga akan ditambal sulam. Soal tambal sulam ini, Asep belum bisa memastikan ruas-ruas jalan mana saja digarap duluan.

Akan tetapi Asep mengatakan semua jalan akan dikerjakan. Hanya saja tak bisa dilakukan sekaligus karena keterbatasan anggaran. Kalau soal debit air yang naik ke muka jalan aspal memang dijelaskan dia jika terjadi terus menerus dapat membuat aspal rusak. "Aspal paling lemah dengan air. Jika digenangi air ditambah aspal dilewati banyak kendaraan bisa menyebabkan rusak," katanya.

Makanya lanjut dia, upaya yang dilakukan saat ini dengan membuat jalan beton dan peninggian. Seperti yang sudah dilakukan di Jalan Niaga Graha Raya, Jalan Perumnas di beberapa blok, dan beberapa wilayah rendah lainnya. Hanya yang jalan di Dusun Kalipandan, Desa Sukaluyu belum ditinggikan sehingga mudah terjadi banjir. 

Secara terpisah, H. Rio, pemerhati lingkungan dan juga tokoh masyarakat Kecamatan Telukjambe Timur, meminta Dinas PUPR  bisa memprioritaskan tambal sulam jalan yang kondisi kerusakannya banyak. "Tambal sulam harus diutamakan dengan melihat jalan yang paling banyak berlubang," terangnya.

Seperti, lanjut dia , bundaran depan Perum Peruri di Desa Sirnabaya, Jalan Alternatif Desa Pinayungan, Jalan utama Telukjambe, yang masih banyak berlubang dan menurutnya harus segera diaspal kembali. Karena jika berlarut dan dibiarkan terlalu lama bisa menyebabkan lubang jalan semakin melebar.

Sekarang kejadian rusaknya jalan kata Rio, terjadi bukan pada jalan utama Kabupaten Karawang saja tetapi kebanyakan ditemukan di jalan tersier dan sekunder. Jika jalan utama kondisinya kini sudah bagus. Tinggal pemantauan dan pemeliharaan saja. Oleh karenanya, ketika ditemukan jalan berlubang jangan dibiarkan berlarut larut sehingga malah merugikan masyarakat. (yfn)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template