Kecamatan Lemahabang Operasi Pasar - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Kecamatan Lemahabang Operasi Pasar

Kecamatan Lemahabang Operasi Pasar

Written By Admin Raka on Sabtu, 26 Mei 2018 | 18.30.00

LEMAHABANG WADAS, RAKA - Selain memperketat pengamanan selama puasa, harga sembako dan kualitas kesehatan makananan pun mendapat perhatian serius dalam operasi pasar yang dilakukan jajaran pemerintah kecamatan Lemahabang. Kegiatan yang melibatkan Satpol PP, mapolsek dan koramil serta dinas kesehatan ini menyisir Pasar Wadas, Jumat (25/5).

Kasie Trantibum Kecamatan Lemahabang Indra Kelana mengatakan selain pengamanan di wilayah hukum, kegiatan yang dilakukan juga antisipasi kerawanan kriminalitas di pasar. Disamping menyiagakan para mantri pasar serta Linmas untuk sama-sama menjaga kondusifitas pasar, termasuk sebut Indra di waktu-waktu rawan dimana pelaku kejahatan memanfaatkan kelengahan masyarakatnya, seperti waktu berbelanja, saat buka puasa, saat salat tarawih dan waktu subuh. "Kita bersama aparat dan penegak keamanan wilayah, sesuai tufoksi masing-masing ingin wilayah hukum Kecamatan Lemahabang selalu kondusif selama menjalankan ibadah puasa di Bulan  Ramadhan ini," katanya.

Selain memastikan kondusifitas di sekitaran pasar, pihaknya juga sudah memberikan himbauan kepada semua Linmas desa masing-masing agar menggiatkan siskamling selama Ramadan ini. Sebab, dengan maraknya aksi teror di Indonesia, bukan hal mustahil para terduga itu ada disekeliling masyarakat. Karenanya, hal itu perlu menjadi perhatian bagi masyarakat, khususnya aparat agar tidak lengah. Atas dasar itu, pihaknya menilai perlu operasi yustisi khususnya terhadap masyarakat pendatang yang tinggal di wilayah hukum Kecamatan Lemahabang. "Keamanan bukan di pasar saja, tapi di semua desa, untuk itu perlu adanya operasi yustisi dan siskamling selama ramadan ini," ujarnya.

Indra melanjutkan, khusus di Pasar Wadas, dia mengarahkan agar mantri pasar dan semua petugas parkir untuk ikut serta pengamanan dan menghindari hal-hal yang memicu terjadinya keributan. Sepeti rebutan jatah karcis dan lainnya, mengingat sampai menjelang idul fitri dan sekolah di tahun ajaran baru dipastikan jumlah pengunjung pasar akan semakin meningkat.

Begitupun soal harga sembako, sebut Indra, dia minta pedagang menghindari perilaku spekulan soal kenaikan harga yang tidak wajar. Begitupun dagangan yang dijualnya, harus sesuai standar sertifikasi pangan dan sehat. Untuk itu, daging, ayam, telur dan lainnya harus dipastikan kesehatannya, begitupun pangan, jangan karena mahal, para pedagang justru jual murah dengan kualitas yang tidak layak, seperti cabai, bawang dan cabe rawit.

Apalagi, panganan instan yang saat ini banyak di konsumsi masyarakat, seperti agar-agar, kolang-kaling dan lainnya. Sebab, zat berbahaya bagi kesehatan perlu mndapat perhatian semua pihak, karena terkadang sebagian masyarakat awam tentang kandungan zat berbahaya yang terkandung dalam makanan yang dibeli. "Untuk itulah perlunya melakukan giat operasi pasar, karena pihaknya ingin pastikan apakah dagangan yang jual aman dikonsumsi, dan kualitasnya baik. Jangan sampai sudah kualitas jelek, harganya dimainkan spekulan," katanya. (rud)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template