Kartu BPNT Didistribusikan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Kartu BPNT Didistribusikan

Kartu BPNT Didistribusikan

Written By Admin Raka on Jumat, 25 Mei 2018 | 16.30.00

KARAWANG, RAKA - Distribusi kartu program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di wilayah Kecamatan Karawang Timur akhirnya bisa menjadi angin segar bagi masyarakat Karawang, setelah sebelumnya sempat dibuat galau dengan rencana pemerintah daerah menahan penyalurannya ke masyarakat.

"Saat ini baru hanya kartunya saja yang dibagikan, belum mulai kepada e-Warungnya untuk pembelian kebutuhan masyarakat," ujar Kasi Kesos Kecamatan Karawang Timur Muhyiddien, Kamis (24/5) di kantornya. Kecamatan Karawang Timur menjadi lokasi pertama di Kabupaten Karawang untuk menyaluran kartu BPNT kepada masyarakat yang dilakukan pihak bank.

Kata Muhyiddien, di Kecamatan Karawang Timur ada sebanyak 4.636 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Dari jumlah tersebut sebanyak 2015 KPM diantara yang akan mendapatkan penyaluran kartu, sementara sisanya masih tertahan karena terkendala masalah data antara pihak bank dengan Dinas Sosial (Dinsos). "Hari ini ada lima desa yang akan dibagikan kartu BPNT nya, tetapi tidak semua warga dari lima desa itu KPM nya menerima kartu dikarenakan masih ada data yang tidak akurat sehingga jadi kendala saat pembagian," ucapnya.

Wadi Setiawan (60) KPM asal lingkungan Guro, Kelurahan Karawang Wetan menyampaikan jika dirinya mengetahui kalau program BPNT adalah pengganti Rastra. Cuma teknis penerimaan bantuannya seperti belanja dan alat bayarnya adalah kartu. Tetapi menurut dia itu lebih baik ketimbang beras yang kualitas selalu jelek. "Dari pada beras mending BPNT, karene bentuknya uang dalam ujud kartu. Jadi selain kita dapat beras bisa juga beli sembako lainnya untuk sehari-hari," katanya.

Adapun besaran uang yang diterima Wadi itu sebesar Rp 110.000, meskipun masih nilai angkanya masih minim, pihaknya bersyukur karena pemerintah memberikannya cuma-cuman. "Kita mah gimana pemerintah saja, ya ada juga alhamdulillah tidak juga ya disyukuri," ucapnya.

Senada itu disampaikan Nyai (40) warga Lingkungan Cibungur Kelurahan karawang Wetan sempat dibuat kesal akibat harus mengantri berjam-jam untuk mendapatkan kartu BPNT dari Kecamatan. Dia menilai petugasnya lamban untuk menangangi. "Lama banget antrenya, dari jam 7 sampai 08.30 Wib baru dapat. Kalau tahu gini mah mending beras kita mah. Tapi sebagai warga ya nurutin apa yang ada saja," paparnya.

Sebelumnya Kepala Dinas Sosial Setya Dharma menyampaikan masih ada ribuan penerima manfaat BPNT yang belum terdata. Karenanya, sambil menunggu perbaikan data itu proses penyalurannya ditahan. Setya juga menjelaskan jumlah total Keluarga Penerima Manfaat yang dikeluarkan Kementerian Sosial masih belum sesuai data KPM di Karawang. Kendati demikian Setya mengatakan saat ini pemerintah kabupaten masih terus berusaha untuk melakukan pembenahan. Sehingga nantinya pembuatan rekening KPM sesuai dengan data ril yang dimiliki. (apk)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template