Kanker Serviks Penyebab Kedua Kematian - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Kanker Serviks Penyebab Kedua Kematian

Kanker Serviks Penyebab Kedua Kematian

Written By Admin Raka on Kamis, 03 Mei 2018 | 13.00.00

PURWAKARTA, RAKA - Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Asri Purwakarta, menggelar skrining kanker serviks gratis di gedung RSIA Asri Purwakarta. Skrining ini melalui metode pap smear.

Direktur RSIA Asri dr Herlina Diputri mengatakan, skrining kanker serviks atau kanker leher rahim sangat penting dilakukan. “Kanker leher rahim atau disebut juga kanker serviks adalah sejenis kanker yang 99,7 persen disebabkan Human Papilloma Virus (HPV) yang menyerang leher rahim. Kanker serviks menempati peringkat kedua penyebab kematian akibat kanker,” ujarnya.

Ia juga mengatakan, sayangnya di Indonesia masih sangat minim yang melakukan skrining kanker serviks, sehingga kebanyakan pasien ketika terdeteksi sudah memasuki stadium lanjut. “Hal tersebut terjadi karena kanker leher rahim biasanya tanpa disertai gejala apa pun pada stadium awalnya. Ada pun skrining dapat dilakukan melalui tes pap smear ini,” imbuhnya.

Dijelaskannya, pemeriksaan pap smear penting dilakukan setiap wanita yang telah melakukan hubungan seksual atau telah aktif secara seksual. “Karenanya, selain mengajak skrining gratis, RSIA Asri juga mengedukasi terkait pentingnya pemeriksaan pap smear dan bahaya kanker serviks. Saat ini tercatat ada lebih dari 100 peserta yang melakukan pemeriksaan Pap Smear. Insya Allah ke depannya skrining kanker serviks gratis ini akan kami lakukan dengan rutin,” katanya.

Salah seorang peserta pemeriksaan pap smear gratis, Dina (29), mengaku sempat ragu untuk mengikuti pemeriksaan tersebut. "Tapi keinginan saya untuk melakukan skrining lebih besar. Dan ternyata tes-nya tidak  menyakitkan, cepat dan sangat aman," katanya.

Sementara itu, Owner RSIA Asri yang menyempatkan menyapa para peserta, H Rustandie SH mengungkapkan, kegiatan pemeriksaan pap smear secara gratis adalah bagian dari rangkaian acara peringatan Hari Kartini. "Ini bagian dari kegiatan menyambut Hari Kartini. Kemarin kita buka kelas hypnobirthing, nah sekarang puncaknya kita adakan pap smear gratis," katanya.

Rustandie berharap, melalui pemeriksaan tersebut, banyak wanita, khususnya di Purwakarta, bisa tertolong melalui deteksi dini kanker serviks. "Insya Allah program ini membantu wanita Purwakarta dari ancaman kanker serviks. Ke depan kegiatan semacam ini akan kita gelar secara rutin. Tak hanya di Asri, tapi juga ke daerah-daerah bekerjasama dengan klinik atau puskesmas setempat," ujarnya. (cr2)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template