Kampung Cilalay Terisolir - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Kampung Cilalay Terisolir

Kampung Cilalay Terisolir

Written By Admin Raka on Rabu, 02 Mei 2018 | 13.00.00

TEGALWARU, RAKA - Dinas Pekerjaan Umum dan Penata Ruang (PUPR) diminta untuk memperbaiki jalan rusak di Dusun Cilalay, Desa Mekarbuana, Kecamatan Tegalwaru, sehingga wilayah itu tidak terisolir. Selama ini jalan di desa itu selalu tergenang air, terutama ketika hujan hingga sedikit sekali warga yang mau melintas di jalan itu.

Sesepuh Desa Mekarbuana, Jamar (33) ditanya seberapa pentingnya jalan itu bagi warga Kampung Cilalay, tegas mengatakan ruas jalan yang menghubungkan Kampung Cilalay dan Cijati itu amat penting, karena cuma jalan itu satu-satunya akses warga melakukan aktifitas perekonomiannya. "Jalan penghubung antar kampung itu, menjadi jalan vital bagi warga Kampung Cijati dan Cilalay. Selama ini mereka melintasi jalan itu karena merupakan satu-satunya jalan keluar kampung," ungkap Jamar, Selasa (1/5).

Dikatakan Jamar, berdasarkan data yang diketahuinya, ada sekitar 300 warga Cijati dan Cilalay yang bergantung kepada jalan itu. Kondisi jalan yang rusak sekitar 30 meter dan itu yang membuata jalan menjadi miring ke arah sungai. Untuk itupun warga sudah mengantisipasinya dengan cara menambal. "Sebelumnya itu jalan beton, cuma jadi rusak akibat abrasi Sungai Cigeuntis," jelas Jamar.

Jamar sendiri merasa kasihan terhadap warga yang selalu waswas melintasi jalan itu. Bukan saja badan jalannya berbatu-batu dan retak di beberapa ruas jalan tetapi juga rawan kecelakaan. "Saya berharap jalan ini bisa diperbaiki secepatnya supaya warga tidak waswas ketika melintasi jalan ini. Soalnya bukan cuma orang dewasa tetapi anak-anak sekolahpun sering terjatuh di jalan itu," tandasnya.

Hal senada diungkapkan Cipong (37) warga Kampung Cilalay. Menurut dia jalan rusak di kampungnya sudah rusak lama. Jika hujan jalan itu jadi becek dan susah dilalui warga. "Mudah-mudahan setelah diberitakan, jalan yang rusak bisa secepatnya diperbaiki agar masyarakat tidak merasa khawatir terjatuh. Kami juga tidak begitu memahami karena sudah lama jalan itu rusak. Kalau tidak salah hampir tiga tahun jalannya sudah rusak seperti itu," tukasnya.

Secara terpisah tokoh masyarakat Kampung Cilalay Encep (41) mengatakan jalan itu akan dialihkan bukan menjadi jalan utama penyambung kampung itu. Sepengetahuannya nanti akan di buat jalan lingkar dan memutar Kampung Cilalay. "Nantinya, jalan lingkar itu tidak melintasi jalan rusak tersebut, melainkan jalan yang lain. Hanya saja saya sependapat agar lebih aman, sebaiknya jalan yang rusak diperbaiki dan sungai bisa diberi rabat beton, agar lebih aman dan jalan tidak mudah tergerus air sungai Cigeuntis," tutupnya.

Kades Mekarbuana, Jaji, ketika dihubungi via ponsel ternyata ponselnya tidak aktif. (yfn)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template