Kades Mulyajaya Perbaiki Jalan Sendiri - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Kades Mulyajaya Perbaiki Jalan Sendiri

Kades Mulyajaya Perbaiki Jalan Sendiri

Written By Admin Raka on Kamis, 24 Mei 2018 | 16.00.00

Pemkab Dinilai Lamban  


KUTAWALUYA, RAKA- Sebagai bentuk protes kepada dinas yang berada di Kabupaten Karawang yang di nilai berbelit-belit. Kepala Desa Mulyajaya Endang Macan Kumbang, merealisasikan pembangunan jalan aspal sepanjang 1,2 kilometer menggunakan dana pribadi. Di bantu masyarakat setempat, pengerjaan jalan dilakukan malam hari.

"Saya lakukan sebagai bentuk aksi kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang, supaya pihak pemkab mikir dengan banyaknya kebutuhan masyarakat, dan sekaligus menagih janji bupati waktu kampanye yang ingin menyelesaikan semua jalan," tegasnya, kepada Radar Karawang saat dikonfirmasi.

Meskipun belum ada satu pun dana yang bisa dicairkan, mulai dari Anggaran Dana Desa (ADD), Bantuan Gubernur (Bangub), dan Dana Bagi Hasil (DBH). Dirinya menegaskan, jika pembangunan jalan tersebut memang sangat diperlukan bagi roda perekonomian masyatakat, semampunya ia akan berusaha membantu meskipun harus merogoh koceknya sendiri. "Dengan panjang 1,2 kilometer, lebar 4 meter dan ketebalan 3 cm. Saya bangun jalan penghubung bagi masyarakat Desa Mulyajaya tanpa bantuan pemerintah sedikit pun," katanya.

Endang menegaskan, jika hal tersebut mampu dilakukan oleh kepala desa dengan segala keterbatasannya. Maka tidak ada alasan bagi pemkab untuk tidak merealisasikan apa yang menjadi keinginan masyarakat, apalagi dana yang sudah dipersiapkan pemerintah terbilang besar untuk membangun desa. "Harusnya malu dong pemkab dengan aksi seperti ini, hanya mencairkan dana melalui proposal yang salah ketik satu huruf saja dipermasalahkan," celotehnya.

Pembangunan jalan yang ia lakukan tersebut bukan saja jalan poros desa di lingkungan desanya, terlebih agar bisa sampai ke Desa Mulyajaya harus melintasi jalan poros desa yang berada Kecamatan Rengasdengklok. Dengan alasan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, dirinya tak lagi banyak berpikir panjang, meskipun jalan poros desa tersebut bukan merupakan tanggungjawabnya. "Jalan poros desa itu masuknya ke Desa Amansari, Kecamatan Rengasdengklok, cuma kan dilintasi oleh masyarakat kita di Desa Mulyajaya. Sekalian aja kita selesaikan," tandasnya.

Lebih lanjutnya, ketimbang mementingkan satu golongan atau dalam hal ini aparat desa. Dirinya mengaku lebih mementingkan keperluan umum. Apalagi jalan utama yang bisa mendongkrak perekonomian masyarakat. "Saya utamakan membangun jalam lebih penting. Karena urat nadi perekonomian masyarakat Desa Mulyajaya. Lebih baik mendahulukan kepentingan umum dari pada kpntingan golongan. Tpapi jika honor tidak bisa cair sampai tanggal 15 Ramadhan, maka honor aparat pun akan saya kasih pake uang sendiri," ungkapnya.

Sedangkan menurut salah seorang perangkat Desa Mulyajaya, Rahmat, selaku staf desa dirinya selalu mendukung gerak langkah kepala desa. Dan dirinya membenarkan jika kepentingan umum dinilai lebih penting daripada kepentingan pribadi. "Kami staf desa selalu mendukung semua program pak kades. Keputusan beliau tidak usah diragukan lagi, beliau selalu bijak lebih mementingkan masyarakatnya di banding pribadinya," pungkasnya. (rok)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template