Kader HMI Ngajar di Sekolah Butut - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Kader HMI Ngajar di Sekolah Butut

Kader HMI Ngajar di Sekolah Butut

Written By Admin Raka on Selasa, 15 Mei 2018 | 15.00.00

CIAMPEL, RAKA - Sebagai bentuk kepeudlian terhadap pendidikan di Kabupaten Karawang sejumlah mahasiswa di Karawang yang tergabung dalam organisasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Karawang, setiap minggunya ikut serta menjadi tenaga pengajar di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Kutamekar 1, Desa Kutamekar, Kecamatan Ciampel.

Ahmad Sobirin, salah satu pengurus HMI Cabang Karawang mengatakan, program tersebut merupakan salah satu program sosial berbentuk kepedulian terhadap anak-anak yang kurang menikmati bangku pendidikan seperti siswa yang berada di pusat perkotaan biasanya. Bayngkan saja, kata Sobirin, untuk bisa mendapatkan ilmu dan mengikuti pendidikan, mereka harus berjuang terlebih dahulu berjalan kiloan meter agar bisa sampai ke sekolah. "Kurangnya tenaga pengajar di SD ini juga membuat hati saya tersentuh untuk meluangkan waktu seminggu sekali berkunjung kesini," ucapnya.

Kunjungan yang dilakukannya bukan hanya sekedar bertemu dan bermain bersama mereka, namun juga memberikan pelajaran pendidikan selama mereka di sekolah. Kondisi bangunan sekolah yang hanya memiliki dua ruangan kelas yang beralaskan tanah dan sarana prasarana yang seadanya terus dimanfaatkan sebagai lokasi mereka menimba ilmu. Meski demikian, kondisi yang jauh berbeda dengan pendidikan di perkotaan, tidak menurunkan semangat mereka dalam terus mencari ilmu di sekolah. Buktinya sekolah yang memiliki 32 siswa itu tetap berjalan setiap harinya. "Walaupun kondisinya seperti ini semangat mereka dalam mencari ilmu patut dicontoh oleh semua siswa," ungkapnya.

Mengandalkan dua tenaga pengajar di sekolah dengan bangunan yang seadanya, mereka masih bisa menimati pendidikan meski tidak layak digunakan. Seharusnya kondisi seperti ini merupakan PR bagi pemerintah Kabupaten Karawang untuk lebih serius lagi dalam membangun pendidikan yang lebih baik. Siapa sangka Karawang yang dikenal lumbung padi dan lumbung industri ternyata masih ada bangunan sekolah yang memperihatinkan. "Sekolah pedalaman yang tidak pernah tersentuh oleh pemerintah, ini merupakan PR dan tugas kita juga sebagai mahasiswa," katanya.

Dia berharap, pemerintah Kabupaten Karawang bisa lebih peduli terhadap pendidikan di Karawang terutama bangunan sekolah yang berada di pelosok. Jika dibandingkan dengan sekolah yang berada di pusat perkotaan ibarat anak yang baru lahir ke dunia saja sudah mengetahui perbedaanya. "Untuk membangun dunia pendidikan yang lebih baik lagi, mari kita sama-sama bangun Karawang," ajaknya.

Sekretaris Kecamatan Cimapel, Muholik yang baru pindah tugas di kecamatan mengaku prihatin dengan kondisi bangunan sekolah di wilayahnya itu. Dirinya mendukung penuh apa yang dilakukan oleh mahasiswa selama itu baik untuk kemajuan pendidikan di Karawang khusunya di Ciampel. "Kami akan selalu dukung asalkan itu baik, prihtain juga," akunya. (yna)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template