Jangan Bawa Anak ke Rumah Sakit - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Jangan Bawa Anak ke Rumah Sakit

Jangan Bawa Anak ke Rumah Sakit

Written By Admin Raka on Kamis, 03 Mei 2018 | 16.45.00

TELUKJAMBE, RAKA - Saat memasuki rumah sakit sering kali terlihat ada tulisan dilarang membawa anak kecil. Begitu yang terjadi di RSUD Karawang. Larangan itu ditulis bukan tanpa alasan. Anak kecil memiliki ketahanan tubuh yang belum sempurna. Sehingga rawan terserang penyakit lantara perlindungan tubuhnya terhadap serangan bakteri, virus dan kuman yang ada di rumah sakit tidak sekuat orang dewasa.

Sayangnya kesadaran orangtua saat mengunjungi rumah sakit ternyata masih rendah. Sehingga masih tetap membawa anaknya ke rumah sakit, baik untuk menemani berobat maupun menjenguk orang sakit. "Saya tidak tahu, kalau anak kecil di larang masuk tempat rawat inap makanya saya bawa. Lagi pula kalau ditinggalkan di rumah juga tidak ada yang jaga," ucap Iswandi (44) Warga Kecamatan Rengasdengklok, Rabu (2/5).

Iswandi juga menambahkan jika anaknya tidak mau di tinggal di rumah karena ibunya ikut menjenguk familinya yang tengah sakit. Dirinya mengaku tidak terlalu tahu akan bahaya bagi anak kecil di bawa ke kawasan rawat inap pasien di lingkungan rumah sakit umum daerah Kabupaten Karawang itu.

Senada dengan itu, Saat di temui di ruang Cilamaya, Tety (29) tengah membawa ke dua anaknya. Anak paling besar berusia 7 tahun dan adiknya yang berusia 3 tahun. Saat Radar Karawang wawancara singkat dengannya, Tety pun menjawab dengan jawaban yang sama dilontarkan oleh Iswandi, bahwa alasan tidak ada yang menjaga menjadi alasan yang paling tepat. "Kalau saya punya pembantu saya tinggal. Saya juga gak enak sama saudara, baru sekarang ngejenguknya, padahal sudah di rawat lima hari yang lalu, " ucapnya.

Hukmas dan Promkes RSUD Karawang, H. Ruhimin. SH. rumah sakit adalah tempat berkumpulnya orang sakit mulai dari penyakit ringan sampai berat. Banyak penyakit berbahaya yang sebenarnya sangat mudah ditularkan dari orang yang sakit ke orang lain disekitarnya. Contohnya, terang Ruhimin, penyakit-penyakit infeksi saluran pernafasan. Sehingga dengan batuk atau bersin saja, maka kuman-kuman dari yang sakit akan menyebar ke sekitarnya dan dihirup oleh orang-orang yang berada di dekatnya. "Saya menghimbau juga kepada masyarakat yang akan ke RSUD Karawang, harap jangan membawa anak di bawah umur karena rentan akan terjangkit virus penyakit," kata Ruhimin. (yfn) 
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template