Jalan di Desa Cilamaya Putus - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Jalan di Desa Cilamaya Putus

Jalan di Desa Cilamaya Putus

Written By Admin Raka on Senin, 28 Mei 2018 | 12.00.00

CILAMAYA WETAN, RAKA - Jalan yang biasa digunakan oleh puluhan kepala keluarga di Dusun Barahan RT 06/03, Desa Cilamaya, Kecamatan Cilamaya Wetan, akhirnya amblas.
Jalan selebar 1,5 meter yang dibangun menggunakan anggaran alokasi dana desa (ADD) tahun 2017, itu sudah sering diminta diperbaiki. Maklum, antara jalan dengan Sungai Cilamaya itu tidak ada lagi pembatas. Artinya, setiap hari air sungai tersebut sedikit demi sedikit menggerus jalan sepanjang 250 meter tersebut.

Kepala Desa Cilamaya Kuswandi mengaku sudah sering membuat laporan, dan ajuan agar jalanan di pinggiran sungai Cilamaya itu segera diperbaiki. Namun, hingga jalan tersebut putus, perbaikan yang diharapkan tidak kunjung terjadi. "Susah jika hanya mengandalkan tanggul manual, apalagi hanya oleh desa dan kecamatan. Sementara Pemerintah Kabupaten Karawang dan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) yang jadi kewenangannya, tidak kunjung turun cek lokasi dan reaktif membenahi tanggul yang memutuskan jalanan tersebut," ungkap Kuswadi kepada Radar Karawang, Minggu (27/5) kemarin.

Meski begitu, kata Kuswadi, warga yang terdampak masih bisa keluar dusun menggunakan jalan alternatif. "Padahal warga yang lalu lalang melintasi jalan tersebut sekitar 25 kepala keluarga," katanya.

Kaur Trantib Desa Cilamaya Wahyu mengatakan, titik rawan bencana di Dusun Barahan, diketahuinya setelah ada laporan dari masyarakat. "Longsoran tanggul penahan sudah menggerus persis dibawah jalan coran dengan lebar tiga meter, dan kedalaman ke samping sekitar 50 sentimeter," ucap Wahyu.

Dikatakan Wahyu, peristiwa pengikisa jalan itu terjadi saat tidak hujan dan tidak banjir. Selain itu, yang terkikis adalah jalan setapak hasil realisasi ADD tahun 2017 dengan lebar jalan sekitar 1,5 meter, tinggi 10 sentimeter dan panjang 250 meter. "Jalanan itu dari ADD tahun kemarin, ya karena abrasinya 4 meter, semakin tergerus kondisinya," ungkapnya. (rud)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template