ISPA Dominasi Penyakit di Ciampel - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » ISPA Dominasi Penyakit di Ciampel

ISPA Dominasi Penyakit di Ciampel

Written By Admin Raka on Selasa, 22 Mei 2018 | 15.00.00

CIAMPEL, RAKA - Pasca terjadinya kebocoran gas yang berasal dari PT Pindo Delli 2 berimbas pada nasib kesehatan masyarakat sekitar. Hal itu bisa terlihat dari banyaknya warga Ciampel yang terserang Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).

Kepala Puskesmas Ciampel, Asep Sunarya menyampaikan, dari hasil catatan sabulan terakhir penyakit Ispa yang diderita warga hampir mencapai 204 orang. Penyakit yang menggangu pernafasan tersebut masih merupakan penyakit yang paling tinggi terjadi di wilayah Ciampel. "ISPA tetap yang paling banyak setiap bulannya," ucapnya.

Dari 10 jenis penyakit terbesar, ISPA merupakan salah satu penyakit yang berbahaya, karena jika tidak segera dilakukan penangan bisa menyebabkan kematian. Pada dasarnya pernafasan merupakan organ tubuh pertama untuk bisa hidup sehat. Jika pernafasan sendiri terganggu dan mengalami rasa sakit maka akan berujung kematian. "Kalau sampai telat penangan saja bisa menyebabkan kematian, sesak nafas sama sulit untuk bernafas sering terjadi gangguan pernpasan juga," terangnya.

Penyakit tersebut bisa saja terjadi kepada siapa saja jika masyarakat tidak menjaga kebersihan lingkungan dan menjaga pola hidup bersih. Pertama polusi atau udara yang sering dihirup juga harus bersih tanpa ada campuran gas berbahaya. Jika udara yang dihirup saja sudah bahaya maka akan menghasilkan sesuatu yang berbahaya pula. "Kalau lingkungan sendiri bersih dan jauh dari polusi serta limbah beracun hidup akan terus sehat," jelasnya.

Maka, dia mengajak kepada masyarakat untuk bisa menjaga lingkungan dengan baik dan bersih serta mampu menjalankan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) setiap harinya. "Jika ingin sehat mari kita sama-sama bangun lingkungan yang bersih dan sehat," ajaknya.

Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Ciampel, Muholik juga mengaku kaget jika wilayah yang memiliki banyak hutan itu masih terkena penyakit ISPA. Maka dia juga meminta agar setiap perusahaan yang berdiri di wilayah Ciampel bisa bekerjasama dan membangun lingkungan yang sehat. "Kaget saya juga, setiap bulan ISPA salah satu penyakit yang sering dialami warga dan penyakit paling tinggi diantara penyakit lainnya," ucapnya. (yna)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template