Irigasi Johar Rawan TPS Liar - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Irigasi Johar Rawan TPS Liar

Irigasi Johar Rawan TPS Liar

Written By Admin Raka on Rabu, 30 Mei 2018 | 17.30.00

KARAWANG,  RAKA - Jalan veteran Irigasi Johar rawan menjadi tempat pembuangan sampah (TPS) liar. Persoalannya, selain jumlah penduduknya amat padat sampai saat ini disekitar jalur irigasi tarum tengah itu belum ada tempat pembuangan sampah permanen yang dapat menampung sampah-sampah yang diproduksi warga Kelurahan Karawang Wetan, Kecamatan Karawang Timur ini.

Untuk itu, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan sengaja menyiagakan personelnya khusus mengantisipasi kemungkinan terjadinya TPS liar di jalur tersebut. "Bau busuk sudah pasti, ya namanya juga sampah, dua hari sekali suka ada yang angkut kemudian langsung numpuk lagi," ujar Jamal (32) warga Kelurahan Karawang Wetan, kepada Radar Karawang, Selasa (29/5).

Jamal menyoroti munculnya TPS liar baru di seberang TPs Gading Elok. Keadaannya malah lebih parah lagi, karena bukan saja sampah rumah tangga tetapi sampah yang bukan sampah rumah tanggapun ikut dibuang ke bantaran irigasi itu. "Munculnya TPS ini bukan diakibatkan buruknya sistem pengangkutan sampah, tetapi kesadaran masyarakat yang minim untuk tidak membuang sampah di bantaran irigasi," tegas Jamal.

Jamal menandaskan, sampah disini diangkut per dua hari sekali. Dan itu dilakukan petugas secara kontinyue, sehingga dia tahu benar jika sampah-sampah itu memang diangkut. Tetapi selesai dibersihkan ada saja yang kembali membuang sampahnya ke bantaran irigasi. "Saya setiap hari kesini, dua hari sekali suka liat sampah disini suka ada yang angkut, tapi cuma selang sehari sampah sudah numpuk lagi. Jadi menurut saya bagaimana kesadaran warganya juga untuk menciptakan wilayah yang bersih," ucapnya.

Bahkan kata Jamal, kondisi buruk sampah liar sendiri bukan hanya terjadi di Jalan veteran atau yang sering dikenal petugas kebersihan jalan KW 5, tetapi terjadi juga di Jalan Veteran jalur Gading Elok. Bahkan sampah-sampah disana tidak cukup jika hanya mengandalkan satu armada sampah saja. "Buruknya kondisi sampah bukan hanya disini saja,  tapi disetiap jalan veteran kondisinya sama buruknya," ucapnya.

Pantauan Radar Karawang dilokasi, tumpukan sampah yang ada tersebut, bukan hanya ada sampah domestik warga, melainkan tumpukan pepohonan yang sengaja dibuang kelokasi tersebut,  bahkan kondisi tidak sedap sangat mengganggu fokus pengguna kendaraan yang hendakelintasi jalur tersebut, bahkan kondisi sudah akan menutupi jalan disampingnya.

Kabid kebersihan pengelolaan sampah dan limbah DLHK Karawang Nevi Fatimah menyampaikan, tumpukan sampah yang ada diwilayah Jalan veteran jalur Kw 5 dan jalur Gading Elok akan dilakukan penindakan bersama UPTD wilayah 1. "Saya akan tindak lanjuti, kita akan koordinasi dengan UPTD atas wilayah tersebut," katanya. (apk)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template