Giliran Harga Gabah Turun, Petani Kutawaluya Pusing - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Giliran Harga Gabah Turun, Petani Kutawaluya Pusing

Giliran Harga Gabah Turun, Petani Kutawaluya Pusing

Written By Admin Raka on Sabtu, 05 Mei 2018 | 17.30.00

KUTAWALUYA, RAKA- Para petani dipusingkan dengan harga padi yang menurun. Pasalnya, harga padi pada musim panen saat ini dinilai lebih rendah daripada musim panen sebelumnya. Bahkan turunnya drastis, hingga Rp1000 perkilogram. Tentu saja hal tersebut membuat petani Desa Kutagandok pusing untuk mempersiapkan modal tanam yang akan datang.
Salah seorang petani, Andang Hamdani (52) mengatakan, sebelumnya harga padi bisa mencapai Rp 5300-6000, bahkan ada salah satu petani yang padinya dibeli Rp7000 perkilogram. Namun saat ini padi petani dihargai oleh tenegkulak Rp 4800 perkilogram. Harga tersebut kurang sesuai dengan modal tanam yang ia keluarkan. "Saya gak tahu juga sih, kenapa kok bisa turun gini harganya," ucapnya.
Dirinya menduga, penurunan harga padi tersebut akibat faktor cuaca yang tidak mendukung, karena selain faktor hama dan yang lainnya, selalu saja ada alasan untuk merugikan para petani. Bahkan dirinya pun heran, kenapa hingga saat ini kesejahteraan para petani masih di bawah rata-rata. Padahal beras sudah bisa diimpor, seharusnya tidak mengganggu harga jual padi, justru harus bisa lebih mahal.
Sedangkan menurut salah satu tengkulak, Anwar (28) menyebutkan, dirinya mengaku tidak masalah dengan adanya beras impor. Namun jangan sampai merusak harga padi, dan justru seharusnya bisa membuat petani lebih sejahtera. Karena menurutnya, harga beras impor akan lebih mahal dari pada beras domestik. "Saya gak masalah ada impor beras, tapi jangan malah menurunkan harga padi," ucapnya.
Dirinya mengaku membeli padi dari petani untuk digiling di pabrik-pabrik penggilingan padi kecil di sekitaran kampung, yang selanjutnya akan dibawa ke pasar berasJohar untuk di jual. Karena hingga saat ini, belum ada bulog yang turun ke petani untuk membeli padinya tersebut. (rok)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template