Fungsi Aset Daerah Bisa Dialihkan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Fungsi Aset Daerah Bisa Dialihkan

Fungsi Aset Daerah Bisa Dialihkan

Written By Admin Raka on Senin, 28 Mei 2018 | 15.45.00

KARAWANG, RAKA - Penggunaan barang milik pemerintah ternyata bisa dialih fungsikan asalkan ada yang mau bertanggung jawab terhadap kegunaan barang tersebut. Hal itu dilakukan dengan masksud agar jelas penggunggunaannya.

Anggota Komisi A DPRD Karawang Ahmad Fajar menyampaikan itu kepada Radar Karawang, Minggu (27/5) melalui pesan singkatnya. "Pengalih fungsi aset daerah perlu ada penilaian dari bagian Aset BPKAD untuk bisa memutuskan, apakah aset tersebut masih bisa digunakan atau sebaiknya diusulkan agar dilakukan penghapusan dari daftar aset. Misalnya aset tersebut dijual atau digelapkan," ucapnya.

Kata Ahmad, mengenai barang milik daerah sudah sepatutnya dipergunakan secara baik sebagaimana tujuan awal pengadaannya

 barang. "Jika yang terjadi pada Motor Pintar itu sama sekali tidak dilakukan maka jika sudah dibeli atau diadakan pengadaan lantas dibiarkan saja, tidak terurus dan mengalami kerusakan tentu itu harus dilakukan pembenahan oleh BPKAD," katanya.

Dengan adanya biaya perawatan untuk setiap Aset atau barang milik daerah yang menggunakan APBD setiap tahunnya

, maka sudah seharusnya setiap barang milik daerah terawat debgan baik dan berfungsi secara optimal. "Jika fungsi barang milik daerah sudah tidak ada, dan secara usia dan kondisi kelayakan sudah harus dilakukan penghapusan aset, sebaiknya dilakukan penghapusan agar tidak menjadi beban biaya pemeliharaan secara berkepanjangan," katanya.

Dilanjutkan Ahmad, adapun sanksi itu memang hanya ada sanksi secara moral dan sosial saja, untuk sanksi hukum hanya apabila ada penyimpangan secara hukum bagi si kuasa pengguna aset/barang.
 Maka perlu ada penilaian dari bagian Aset BPKAD untuk bisa memutus apakah aset tersebut masih bisa digunakan atau sebaiknya diusulkan agar dilakukan penghapusan dari daftar aset.
"Pengalih fungsian barang bisa dilakukan, tinggal diurus penanggung jawaban asetnya akan dilimpahkan kepada siapa dan tujuan pemanfaatannya itu buat apa.

 Merubah struktur kendaraan hanya tinggal dikoordinasikan kepada dishub untuk uji naiknya," paparnya. (apk)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template