Enung Tipu 13 Calon TKI - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Enung Tipu 13 Calon TKI

Enung Tipu 13 Calon TKI

Written By Admin Raka on Selasa, 08 Mei 2018 | 11.00.00

Diiming-iming Gaji Besar

PURWAKARTA,RAKA-  Satuan Reserse dan Kriminal Polres Purwakarta berhasil meringkus seorang perempuan asal Purwakarta yang mengaku sebagai penyalur tenaga kerja. Pelaku ditangkap petugas di wilayah Indramayu Jawa Barat setelah sebelumnya berhasil menipu belasan korban. Modus pelaku yaitu dengan mengiming-imingi korban bakal diberangkatkan sebagai TKI di negara Singapura asalkan membayar sejumlah uang.

Pelaku berinsial Cy (25) alias Enung warga Purwakarta dan ditangkap di sekitar kawasan Indramayu, setelah sebelumnya dilaporkan salah satu korbanya ke Mapolres Purwakarta. Dari informasi yang berhasil dihimpun, ditangkapnya tersangka berawal saat ia mengaku sebagai penyalur TKI ke Singapura khusus di bidang mengemudi dengan mendapat gaji sebesar 13 juta perbulan.

Korban pertama yaitu Suneri, setelah menyerahkan sejumlah uang serta menyerahkan biaya medical chek, namun setelah satu minggu tidak kunjung berangkat, akhirnya korban mengundurkan diri tidak berangkat ke Singapura. Karena tidak jadi berangkat, korban diancam harus menyerahkan uang sebesar Rp20 juta, dan akan dilaporkan ke pihak berwajib apabila permintaannya itu tidak dipenuhi. Untuk memenuhi permintaan pelaku, korban mencari tenaga kerja lainnya untuk mengganti keberangkatkan sebagai pengemudi di Singapura, setelah mendapat 13 orang dengan membayar uang muka antara 1-3 juta para korban dijanjikan akan segera diberangkatkan. Karena tidak kunjung berangkat ke Singapura untuk menjadi TKI, kemudian pelaku dilaporkan ke Mapolres Purwakarta hingga akhirnya di tangkap.

Kasat Reskrim Polres Purwakarta, AKP Agta Bhuwana Putra, mengatakan, sebelum ditangkap, tersangka sempat menipu 13 orang temannya. Dalam melancarkan aksinya, para korban dijanjikan dengan gaji yang cukup besar. "Mencegah tersangka melarikan diri, langsung kita lakukan penangkapan dan penahanan," kata Kasatreskrim Polres Purwakarta, AKP Agta Bhuwana Putra, kepada sejumlah awak media di Mapolres Purwakarta, Senin (7/5).

Sementara, lanjut Kasat Reskrim, dalam aksinya itu, tersangka menjanjikan para korban untuk bekerja menjadi seorang TKI di negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia. Namun, hingga kini, ke 13 orang tersebut belum tak kunjung diberangkatkan. "Uang yang diminta oleh pelaku Rp 1 juta hingga Rp 3 juta. Para korban diiming-imingi gajih besar, range-nya Rp10 juta sampai Rp 13 juta," ucapnya.

Lebih jauh AKP Agta menjelaskan, ada orang yang sengaja memotori tersangka untuk melakukan perbuatan penipuan sejak Januari 2018 lalu. Dan orang tersebut saat ini telah masuk kedalam DPO. "Saya disuruh sama orang untuk mencarikan orang ditawarkan kerja di Singapura, nanti hasilnya dibagi dua," kata tersangka Cy, alias Enung sambil tertunduk  menangis.

Ia mengatakan baru kali ini dan terpaksa melakukan aksi penipuan itu ke temen-temannya di Purwakarta. Akibat perbuatannya, ibu dua anak itu disangkakan pasal 378 dan atau 372 tentang penipuan dan penggelapan. Dengan ancaman hukuman penjara selama empat tahun. (gan)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template