Dishub Berlakukan Sistem Parkir Prabayar - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , , » Dishub Berlakukan Sistem Parkir Prabayar

Dishub Berlakukan Sistem Parkir Prabayar

Written By Admin Raka on Rabu, 02 Mei 2018 | 16.00.00

Jalan Tuparev dan Kertabumi Menjadi Target

KARAWANG, RAKA - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Karawang memberlakukan sistem parkir prabayar terhadap pemilik kendaraan mobil. Meski sudah berlaku kemarin, namun terobosan di bidang perparkiran itu masih dalam tahap sosialisasi.

Kepala Dinas Perhubungan Arief Bijaksana Maryugo S.IP mengatakan itu, Selasa (1/5) melalui pesan singkatnya kepada Radar Karawang. Melalui sistem parkir tersebut Arif berharap kebocoran pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor perparkiran bisa diminimalkan. "Sistem parkir berlangganan yang dibayar per enam bulan sekali itu sudah kami berlakukan terhadap sejumlah kendaraan yang sudah melakukan uji KIR di Dishub," tandas Arief.

Selama ini, terang Arief, pengelolaan parkir tepi jalan dikerjasamakan dengan 17 pihak ketiga. Setahun mereka hanya sanggup Rp 700 juta padahal potensinya lebih dari itu. Untuk itu Arief optimis besaran angka itu dapat dioptimalkan melalui sistem parkir berlangganan ini. "Kami coba khusus mobil yang wajib KIR, bayar parkirnya berlangganan untuk per enam bulan sekali. Proyeksi kami kalau lancar dengan perhitungan 50% saja dari wajib uji bisa dapat 1 - 2 miliar dalam setahun," ujarnya.

Dilanjutkan Arief, pemberlakuan itu dipastikan akan banyak mendapatkan pertanyaannya, terutama imbas pemberlakuannya terhadap pihak ketiga yang selama ini menjadi pengelola perparkiran.
"Kalau ditanya pengaruhnya sudah pasti ada tapi persentasinya kecil karena kendaraan wajib uji jarang yang parkir ditempat-tempat parkir yang dikelola oleh pihak ketiga seperti mobil truk dan mobil bus.

 "Target kita tepi Jalan Tuparev dan Kertabumi. Utuk pembayarannya dilakukan ditempat KIR mobil di kantor Dishub di Cikampek," ujarnya.

Masih dikatakan Arief, aturan tersebut berdasarkan peraturan daerah (perda) no 06 tahun 2016 perubahan atas peraturan daerah Kabupaten karawang no 02 tahun 2016 tetang retri busi Jasa Umum pasal 190 parkir berlangganan dan peraturan Bupati Karawang no 31 tahun 2017 tentang penyelenggaraan urusan pemerintah yang menjadi kewenangan Kabupaten karawang. "Dalam mengoptimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) karawang dari sektor parkir kepada pemilik atau pengemudai wajib uji mulai bulan mei tahun 2018, kami akan melaksanakan pungutan retribusi parkir belangganan yang akan dilaksanakan pada saat pelaksanaan pengujian berkala kendaraan," paparnya serya menyebutkanjika aturan tersebut berlakuk pada hari ini. (apk)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template