Data KPM BPNT Tidak Tepat Sasaran - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Data KPM BPNT Tidak Tepat Sasaran

Data KPM BPNT Tidak Tepat Sasaran

Written By Admin Raka on Rabu, 30 Mei 2018 | 14.15.00

KLARI, RAKA - Data Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) banyak masalah. Seperti yang terjadi di Desa Duren, dari 383 orang yang masuk data tersebut, banyak yang tidak tepat sasaran.

Kaur Umum Desa Duren, Egin Saefuloh mengatakan, data KPM BPNT masih banyak yang tidak tepat sasaran. Sehingga banyak masyarakat yang layak tidak mendapatkan bantuan. "Datanya aneh orang yang berkecukupan masih mendapatkan bantuan," ucapnya.

Padahal kata dia, masih banyak keluarga yang benar-benar tidak mampu, namun tidak masuk KPM BPNT oleh kementrian. Akibatnya banyak kepala keluarga yang meminta ke desa untuk mendapatkan haknya sebagai keluarga tidak mampu. "Sebanyak 383 kepala keluarga justru mereka berkecukupan," akunya.

Menurutnya, kesalahan data tersebut akibat tidak adanya komunikasi dengan desa setempat saat melaksanakan pendataan. Belum lagi kata dia, jika data yang menerima bantuan diambil dari data 4 tahun yang lalu. Maka wajar saja saat ini banyak perubahan data, karena jaraknya memang sudah lama. "Datanya dari BPS yang diambil 4 tahun ke belakang, jadi banyak yang sudah berubah kondisinya," terangnya.

Jika data yang diambil bisa berdasarkan pemerintahan desa yang paham tentang kondisi masyarakat, kesalahan penerima bantuan tidak tepat sasaran mungkin tidak akan pernah terjadi. Sehingga tidak akan ada pendataan ulang kembali yang memperhambat kinerja desa. "Data 383 kepala keluarga yang mendapatkan bantuan akan diverifikasi ulang oleh pemerintahan desa kembali, soalnya banyak yang tidak tepat sasaran," jelasnya.

Dikatakannya keputusan tersebut tidak hanya diambil sepihak saja, namun merupakan hasil musyawarah yang sudah dilakukan sebelumnya dengan perangkat desa dan para ketua RT. "Keputusannya mau didata ulang lagi agar tidak salah, jadi penerima bantuan harus tepat sasaran," katanya.

Salah satu ketua RT di Desa Duren, Jejen juga menilai, bahwa saat dilakukan pendataan kembali masih banyak keluarga yang benar-benar tidak mampu justru tidak mendapatkan bantuan. "Yang masuk data semua keluarga mampu dan ada yang sudah meninggal juga, mau tidak mau harus didata ulang," ujarnya. (yna)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template