Cikampek Diburu Pengusaha Properti - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Cikampek Diburu Pengusaha Properti

Cikampek Diburu Pengusaha Properti

Written By Admin Raka on Selasa, 22 Mei 2018 | 14.45.00

CIKAMPEK, RAKA - Pertumbuhan properti di Kabupaten Karawang cukup pesat termasuk di Cikampek. Namun jika pertumbuhan tersebut tidak dibarengi dengan peran aktif pemerintah dan masyarakat, bisa menjadi persoalan serius bagi Kabupaten Karawang.

Yusuf Nurwenda, tokoh masyarakat Cikampek yang juga mantan Kepala Desa Dawuan Tengah menyampaikan, perkembangan properti di Cikampek harus dikawal serius oleh pemerintah dan masyarakat. Terutama berkaitan dengan izin lingkungan dan rencana yang disiapkan oleh pengembang berkaitan dengan fasos-fasum yang ada. "Jangan sampai ada perumahan malah menjadi beban buat pemerintahan. Misalkan karena fasos-fasumnya tidak jelas," beber Uus, sapaan akrab Yusuf Nurwenda kepada Radar Karawang, Senin (21/5).

Belum lagi, tambah Uus, persoalan lonjakan penduduk yang meningkat secara drastis akan sangat mempengaruhi kehidupan sosial kemasyarakatan. Bahkan potensi kejahatan juga akan meningkat. "Termasuk jumlah warga miskin dan angka pengangguran bisa meningkat juga," ujarnya.

Oleh karenanya, dia menghimbau kepada warag Cikampek untuk tidak mudah memberikan izin kepada para pengembang saat akan membangun perumahan. Kecuali site plan-nya jelas. Perizinannya diurus benar, termasuk fasos-fasumnya juga jelas. "Sehingga saat perumahan mulai berdiri, tidak akan banyak persoalan yang dihadapi," ujarnya.

Dia mengakui, berdasarkan perda Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (PLP2B) Cikampek sama sekali tidak disisakan untuk lahan pertanian. Namun aturan itu juga bukan berarti menjadi acuan untuk segala-galanya. Karena dalam mendirikan bangunan segala sesuatunya harus tuntas. "Apalagi Cikampek di nolkan untuk lahan pertanian. Pasti pengusaha berbondong-bondong datang ke Cikampek," pungkasnya.

Sementara pantauan Radar Karawang, di aula Kecamatan Cikampek tengah dilakukan ekspose perumahan baru yang akan dibangun di wilayah Desa Dawuan Timur.

Menurut Kepala Desa Dawuan Timur Tatang Somantri, proses ekspose tidak ada kendala dan semua peserta menyetujui atas pemaparan yang disampaikan oleh pihak pengembang. "Iyah diizinkan, semua peserta menyepakati, termasuk pihak kecamatan,' ujarnya singkat. (zie)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template