BUMDes Bisa Jadi Sumber Utama PADes - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » BUMDes Bisa Jadi Sumber Utama PADes

BUMDes Bisa Jadi Sumber Utama PADes

Written By Admin Raka on Jumat, 18 Mei 2018 | 16.15.00

Jika Sudah Berjalan Optimal

KARAWANG, RAKA- Keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) saat ini belum berjalan dengan maksimal. Perlu pengembangan dan bimbingan lebih intens, agar BUMDes berkembang. Jika sudah berkembang, BUMDes diyakini bakal menjadi sumber pendapatan untuk desa.

Plt Pusat Data dan Informasi Kementrian Desa, DR Ivanopic, mengatakan, Pendapatan Asli Desa (PADes) saat ini belum signifikan. Rata-rata PADes yang dihasilkan desa saat ini hanya 3 persen. Keberadaan BUMDes, bisa menjadi harapan bagi desa untuk mendulang pendapatan guna membiayai program pembangunan yang ada di desa. "Rata-rata PADes itu hanya 3 persen. Kalau BUMDes berhasil bisa membantu meningkatkan pendapatan desa. Oleh karena itu, sekarang bagaimana caranya, BUMDes itu bisa terbentuk dan sukses," katanya, usai memberikan workshop bagi para kepala desa di Hotel Brits Karawang.

Oleh karena itu, lanjut dia, BUMDes harus dikelola dengan baik, manajerial dan pemilihan usahanya harus tepat. Potensi yang ada di desa harus dimanfaatkan sebagai sumber usaha. Selain itu, data juga harus kongkret. Pihaknya, akan melakukan pendataan BUMDes diseluruh Indonesia dan nantinya bisa terintegrasi sehingga dalam menjalankan program bisa lebih maksimal. "Data BUMDes sekarang ada 32 ribu sedang kita validasi. Data BUMDes ini nanti akan dipublikasi dan BUMDes mana yang sukses juga akan dimunculkan," paparnya.

Di tempat yang sama, Pedamping Desa Kecamatan Kutawaluya, Yusuf Akbar, menilai, pelatihan ini sangat baik. Kepala desa perlu diberikan motivasi dalam pengembangan BUMDes. Saat ini, sudah banyak desa yang telah memiliki BUMDes. Pengelolaannya harus terus ditingkatkan agar berjalan dengan sukses. "Kalau BUMDes sukses, berkembang, bisa menghidupi desa. Oleh karena itu, BUMDes ini harus diurus dengan serius supaya bisa sukses. Kalau sukses kan yang merasakan nanti masyarakat juga," paparnya.

Diteruskannya, potensi yang dimiliki desa harus dikelola dengan baik. Dalam pelatihan tersebut, kepala desa juga diberikan pelatihan terkati pengelolaan data. "Data yang munculkan mesti akurat dan riil sesuai dengan kondisi yang ada di lapangan. Ini penting, agar ketersediaan data benar-benar akurat tidak ada yang dibuat-buat," pungkasnya. (asy)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template