BPNT Belum Cair - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » BPNT Belum Cair

BPNT Belum Cair

Written By Admin Raka on Jumat, 04 Mei 2018 | 13.30.00

Terkendala Selisih Data Penerima

KLARI, RAKA - Seluruh Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang harusnya mendapatkan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di wilayah Kecamatan Klari nampaknya harus lebih bersabar. Pasalnya adanya keselisihan data penerima antara data yang awal dengan data yang diterima oleh bank penyalur mengalami kendala. Akibatnya bukan hanya wilayah Klari saja, namun seluruh kecamatan yang ada di Karawang juga mengalami penundaan penyaluran.

Tenaga Kerja Sosial Kecamatan (TKSK) Klari, Muhidin menyampaikan, program dari Kementerian Sosial tersebut belum bisa dinikmati oleh masyarakat Karawang. Dengan mengalami berbagai kendala membuat program bantuan tersebut belum bisa direalisasikan. "Buka di Kecamatan Klari saja, tapi semua yang ada di Kabupaten Karawang belum bisa berjalan untuk program BPNT," ucapnya.

Dia juga menjelaskan, bahwa bagi sejumlah masyarakat yang mendapatkan bantuan tersebut diambil dari data pusat. Sehingga tidak akan ada lagi baik petugas desa RT maupun kecamatan yang berhak memilih penerima bantuan. "Untuk penerima bantuan juga sudah ditentukan dari Kementerian sosial langsung," ungkapnya.

Untuk Kecamatan Klari sendiri kata dia, ada sebanyak 4.071 KPM diantaranya Desa Anggadita 260 KPM, Desa Belendung 379 KPM, Cibalongsari 435, Cimahi 301, Curug 383, Duren 435, Gintungkerta 529, Karanganyar 420, Kiarapayung 57, Klari 177, Pancawati 299, Sumurkondang 241 dan Desa Walahar sebanyak 155 KPM. " Sampai saat ini kita sedang berupaya dan menunggu hasil data terbarunya agar bisa segera terealisasi," terangnya.

Untuk BPNT sendiri tidak berupa uang, namun kartu yang bisa ditukar dengan berbagai kebutuhan pokok kehidupan sehari-hari seperti sembako minyak dan lain lainnya yang disedikan di toko atau warung yang khusus menjadi agen. "Besaranya Rp110 ribu perbulan, dan hanya bisa ditukarkan dengan sembako yang ada di warung," jelasnya.

Camat Klari, Rachmat mengaku bahwa belum berjalannya program tersebut di Kabupaten Karawang karena masih dalam tahap penyelesaian data. "Iya belum, nanti akan ada sosilisasinya dulu untuk 5 kecamatan di aula Kecamatan Klari terkait progam bantuan pangan non tunai," akunya.

Kepala Desa Duren, Abdul Halim menilai, dengan adanya hibah bantuan sosial tersebut bagi dia sangat membantu kehidupan masyarakat dalam memenuhi kebuthannya. Karena masih banyak masyarakat yang benar-benar membuthkan bantuan. "Bagus, sedikitnya bisa meringankan beban masyarakat yang kurang mampu," akunya.

Salah satu Keluarga Penerima Manfaat (KPM), Encum warga Desa Duren berharap, bantuan dari pemerintah pusat tersebut bisa segera berjalan dan bisa dinikmati oleh keluarga yang membutuhkan bantuan lainnya. "Kalau bisa bantuannya segera, lumayan buat kebutuhan keluarga," harapnya.
Informasi yang dihimpun Radar Karawang, hambatan atas realisasi program BPNT tersebut adalah adanya selisih data dari BNI dan Dinsos Kabupaten Karawang terkait KPM BPNT yang mencapai 4.000 orang.

Sementara di Kabupaten tetangga, yakni Kabupaten Subang program BPNT sudah mulai melakukan pencairan pada tanggal 25 April lalu. Namun pencairan tersebut khusus untuk KPM PKH, untuk KPM yang dari rastra sama belum cair juga. (yna)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template