Biaya Pemilihan BPD Rp 10 Juta - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Biaya Pemilihan BPD Rp 10 Juta

Biaya Pemilihan BPD Rp 10 Juta

Written By Admin Raka on Kamis, 24 Mei 2018 | 17.30.00

LEMAHABANG WADAS, RAKA - Menjelang Musyawarah Dusun (Musdus) pertengahan Juli mendatang, panitia mulai melakukan penjaringan Calon Anggota BPD. Operasional selama proses pemilihan, siap dicover anggaran Alokasi Dana Desa (ADD) tahap 2 dan dibantu sokongan operasional BPD lama dengan total anggaran mencapai Rp 10 juta.

Panitia Pemilihan BPD Ciwaringin Kecamatan Lemahabang, H. Nana Nurundana mengatakan, gelagat banyaknya calon diakuinya sedang ramai di desa ini, karena, menurut isu, dari jatah 9 orang karena jumlah penduduknya diatas 7 ribu jiwa,  diperkirakan sudah ada 16 yang berminat nyalon yang tersebar di 5 Kedusunan. Namun, panitia masih belum membuka penjaringan, karena masih dalam tahap 3 yaitu sosialisasi pengumuman penjaringan bakal calon.

Bagi panitia, sebut Nana dengan komposisi 11 orang, diharapkan tidak kendor, sebab selama bekerja akan ditopang operasional yang tadi disebutkan Kades mencapai Rp 10juta selama masa kerja Juni sampai Oktober nanti. Untuk itu, ia berharap baik panitia maupun BPD selalu kompak menjelang penjaringan dan bekerja sampai tuntas," katanya.

Kades Ciwaringin Ocih Sudomo mengatakan Pemilihan BPD ini dimintanya agar ikuti alur dan tahapan sebagaimana tahapan  pelaksanaan yang diarahkan Pemkab, secara teknisnya ia percayakan kesuksesannya pada panitia yang sudah dibentuk untuk menggawangi Pemilihan BPD ini. Ia jamin, operasional panitia ini ada dan siap dialokasikan di ADD tahap 2 yang besarannya mencapai Rp 7 juta, selebihnya yaitu Rp 3 juta dibantu dari operasional BPD lama, sehingga totalnya mencapai Rp 10 juta selama pelaksanaannya.

Untuk itu, ia berharap, selama pelaksanaan dana ini mencukupi, walaupun pencairannya nanti ditahap dua, tapi kalau sesekali ada, ia berupaya talangi sementara di setiap tahapannya. "Kita upayakan dari ADD ini jamin untuk operasional panitia, ditambah dari operasional BPD," ucapnya.

Ketua BPD Ciwaringin,  Ojat Sudrajat mengatakan, untuk suksesi pemilihan anggota BPD tahun ini, pihaknya dari BPD lama siap alokasikan dana operasionalnya untuk hajat BPD kepada panitia. Hanya ia berpesan, agar  panitia secara teknis laksanakan semua tahapan bisa dijalankan dengan lancar dan sesuai prosedur yang berlaku. Karenanya sambung Ojat, ia berikan imbauan untuk mentitipkan teknis dan kondusifitas pelaksanaan pemilihan ini kepada para panitia. Jangan sampai ada hal yang melanggar tahapan maupun teknisnya.

Untuk itu, sebelum SK nya berakhir, ia persilahkan semua unsur lapisan masyarakat untuk berpartisipasi aktif mencalonkan diri, selama ketentuan dan aturan berlaku, anggota BPD dengan latar belakang apapun tetap  memiliki hak yang sama untuk dipilih maupun memilih. "Titipkan teknisnya ini kepada panitia, semoga semuanya berjalan sesuai aturan," harapnya. (rud)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template