Berkah Ramadan Perajin Beduk - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Berkah Ramadan Perajin Beduk

Berkah Ramadan Perajin Beduk

Written By Admin Raka on Jumat, 25 Mei 2018 | 13.30.00

Peningkatan Pesanan Hingga 4 Kali Lipat

KOTABARU, RAKA - Berkah Ramadan bukan hanya bagi para pedagang pakaian, pedagang takjil dan pedagang makanan saja. Tetapi juga mendatangkan berkah bagi perajin beduk di Desa Sarimulya, karena pesanan beduk meningkat secara signifikan hingga empat kali lipat.

Perajin beduk di Jalan Sudirman Cikampek, Acep (57), mengatakan, selain bulan puasa, jumlah pesanan beduk hanya 10 buah. Namun menjelang Ramadan pesanan meningkat sampai 50 buah. "Seminggu sebelum puasa sudah mulai banyak pesanan, sampai hari ini sudah ada pesanan 40 buah beduk ukuran sedang," ujar Acep kepada Radar Karawang, Kamis (24/5).

Menurutnya, pesanan beduk paling banyak berasal dari luar daerah Cikampek seperti Subang, Purwakarta dan Jakarta. Pemesan beduk biasanya para pengurus masjid atau para pedagang beduk. Bahkan dengan karyawan yang hanya dua orang tiga dengan dirinya, merasa kewalahan untuk memenuhi permintaan pembeli yang membeludak. "Kalau lagi ramai (pesanan) seperti ini, biasanya saya minta bantuan tetangga untuk ikut merampungkan pesanan," ujarnya.

Ia membeberkan, harga beduk buatannya bervariasi tergantung dari ukuran. Tetapi yang paling banyak diminati oleh pemesan adalah beduk dengan ukuran diameter 60-80 cm dengan harga kisaran Rp3,5 juta yang terbuat dari kayu trembesi sedangkan jika bahannya dari drum dijual Rp1,5 juta, sedangkan ukuran 80 cm harganya Rp5,5 juta dan yang paling besar bisa mencapai Rp15 juta. "Harganya variatif sesuai ukuran dan bahan kayu apa bahan drum, mulai dari harga Rp1,5 juta hingga Rp15 jutaan," pungkasnya. (zie)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template