Banjir Rob Sudah Surut Warga Belum Tenang - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Banjir Rob Sudah Surut Warga Belum Tenang

Banjir Rob Sudah Surut Warga Belum Tenang

Written By Admin Raka on Kamis, 31 Mei 2018 | 18.30.00

CIBUAYA, RAKA- Paska diterjang gelombang air rob di pesisir pantai utara Desa Cemaraya, Kecamatan Cibuaya, 177 Kepala Keluarga (KK) yang menjadi korban saat ini sudah bisa beraktifitas kembali. Air rob yang sempat dikhawatirkan lebih besar tersebut kini telah berangsur surut.

Dikatakan Kepala Desa Cemarajaya, Yonglim, saat ini keadaan pesisir pantai Cemarajaya yang sempat diterjang gelombang air pasang beberapa waktu lalu sudah normal kembali, dan warga bisa beraktifitas seperti biasanya. Namun bukan berarti bisa tenang, meskipun tak diharapkan kedatangannya, warga harus tetap waspada akan datangnya gelombang susulan, karena musim barat akan segera berakhir. "Sekarang sudah surut, dan aktifitas pun normal kembali," katanya, kepada Radar Karawang.

Banjir rob yang menerjang sebagian besar desanya hampir dirasakan setiap tahu, karena kondisi laut yang semakin menjorok ke daratan. Untuk menghindari peristiwa tersebut, dirinya telah mempersiapkan lahan seluas kurang lebih 3 hektare untuk dijadikan tempat bagi 177 KK masyarakat yang sering terkena bencana air rob.

Melalui Dinas Sosial dan BPBD, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang telah mengirim bantuan berupa karung dan berbagai makanan ringan kepada korban. Selain itu, dirinya berharap bantuan berupa lahan untuk merelokasi warga yang berada di tepian pantai ke tanah seluas 3 Hektare milik pemerintah bisa segera di realisai. "Secepatnya segera bisa di realisasi," harapnya.

Lebih lanjutnya, menurut Wanusuki ketua Forum Kelompok Kerja Pemberdayaan Masyarakat Pesisir (KKPMP), dengan adanya sabuk pantai dan tanggul penahan gelombang di nilai sangat membantu masyarakat tepian pantai. Karena dengan adanya tanggul penahan gelombang tersebut rumah warga luput dari terjangan air rob yang lebih parah. "Ya intinya terima kasih kepada pemerintah yang sudah memberikan keamanan bagi masyarakat tepian pantai Desa Cemarajaya," ujarnya.

Karena, lanjut Wanusuki, sebelumnya bencana air tidak jarang menghancurkan rumah warga yang berada di tepain pantai. Namun setelah dibangunkan tanggul penaha gelombang bisa sedikit meredakan air rob. (rok)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template