Bangunkan Sahur Sambil Minta Saweran - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Bangunkan Sahur Sambil Minta Saweran

Bangunkan Sahur Sambil Minta Saweran

Written By Admin Raka on Selasa, 22 Mei 2018 | 13.15.00

PURWAKARTA, RAKA - Banyak cara dilakukan untuk membangunkan sahur di saat bulan suci Ramadan, kegiatan yang sering dilaksanakan setiap tahun ini merupakan kegiatan positif bagi kalangan remaja di Kabupaten Purwakarta. Salah satunya yang dilakukan sekumpulan para remaja yang ada di Dusun 2, Desa Cibeber, Kecamatan Kiarapedes.

Dengan menggunakan alat seadanya berupa beduk yang dipukul dan diiringi tabuhan kentongan yang diarak oleh beberapa remaja di wilayah tersebut membuat suasana menjadi ramai, sehingga warga pun langsung bangun dari tidurnya dan keluar rumah. Namun, ada yang unik saat puluhan remaja membangunkan sahur di saat bulan Ramadan ini, ketika personil lain memukul beduk dengan diiringi sholawatan, sementara seorang pemuda membawa kardus kosong sambil berkata 'Sahur sahur, mana sawerannya'. Hal tersebut sudah menjadi kebiasaan disetiap tahunnya,  wargapun memberikan uang seadanya bagi para remaja disaat membangunkan sahur.

Ase, seorang warga mengaku merasa terbantu dengan adanya para remaja yang mau melakukan kegiatan positif di saat bulan Ramadan ini dengan cara membangunkan sahur. ”Saya merasa senang dengan kegiatan para remaja disaat bulan Ramadan ini, selain kegiatan yang positif, kegiatan tersebut bisa membawa berkah tersendiri bagi kita semua,” jelas ia.

Kegiatan bangunkan sahur atau obrog ini mulai dilaksanakan pukul 2 dini hari dengan mengelilingi jalanan kampung di wilayahnya. Menurut Koordinator Obrog, Kandi (34), mengatakan, kegiatan bangunkan sahur bagi warga di bulan Ramadan ini telah menjadi kegiatan rutin setiap tahunnya di wilayah dusun 2 dengan personil sebanyak belasan remaja yang di pimpinnya. "uang hasil pemberian dari warga digunakan untuk menambah uang kas di karang taruna. Kegiatan bangunkan sahur ini juga akan terus dilaksanakan hingga lebaran nanti," pungkasnya. (ris)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template