Administrasi Desa Sering Bermasalah - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Administrasi Desa Sering Bermasalah

Administrasi Desa Sering Bermasalah

Written By Admin Raka on Sabtu, 19 Mei 2018 | 16.30.00

Apdesi Gandeng Penegak Hukum

KARAWANG, RAKA- Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Karawang untuk pertama kalinya menggelar rapat koordinasi (Rakor) tentang tata kelola desa bersama BPKP Provinsi Jawa Barat, Inspektorat Karawang, Kejari Karawang, Tipikor Polres Karawang , dan Pemerintah Kabupaten Karawang, serta Dinas Pemberdayaan Masyarakatdan Desa (DPMD) Karawang.

Rakor yang dihadiri oleh seluruh kepala desa dan sekretaris desa se-Kabupaten Karawang ini, guna menyamakan persepsi tentang tata kelola pemerintahan desa yang selama ini banyak terjadi kesalahan, seperti administrasi desa yang menyebabkan pemerintah desa medapatkan masalah saat pemeriksaan oleh inspektorat Karawang ataupun BPK Provinsi. Selama ini banyak kepala desa yang terjerat masalah, karena selain dengan sengaja menyalahgunakan anggaran bantuan, juga karenak masih banyaknya perangkat desa yang belum mengetahui tentang cara pengelolaan administrasi desa.

Ketua Apdesi Karawang, Sukarya WK, mengakui saat ini masih banyak kepala desa yang belum mengerti tentang administrasi desa, sehingga dengan ketidaktahuan tersebut, maka pemerintah desa kerap kali tersandung masalah saat inspektorat atau BPKP pusat melakukan pemeriksaan. Ia juga menilai peran serta Pemkab Karawang tentang pembinaan kepada desa juga dianggap masih kurang. “Maka dari itu, saya berharap kepada Pemkab Karawang untuk dapat memberikan bimbingan teknis untuk lebih maksimal, dan untuk kepala desa dapat lebih berhati-hati dalam menghgunakan anggaran bantuan pemerintah,” ucapnya kepada Radar Karawang.

Banyaknya kepala desa yang masih minim pengetahuan tentang tata pemerintahan desa serta banyak kebijakan yang tidak pro pemerintah desa, menggelar rapat koordinasi dengan mengundang beberapa dinas ini, agar kepala desa dan perangkat desa bisa lebih memahami fungsi desa dan administrasinya.
Sementara itu, Kabid Koordinator Pengawasan Bidang Akuntabel Pemerintahan Daerah BPKP Jabar, Agus Saragih, permasalahan yang sering dihadapi desa masih banyaknya administrasi desa yang masih belum akuntable yang disebabkan kurangnya pembinaan dari dinas terkait dan pihak pemkab, serta terbatasnya sumber daya manusia yang menjadi staf pemerintah desa. “Pembinaan dan pelatihan dapat dilakukan sebanyak 3 kali dalam 1 tahun yang sifatnya rekonsialisasi,” katanya. (rok)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template