6 Titik Kerusakan di Das Citarum - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » 6 Titik Kerusakan di Das Citarum

6 Titik Kerusakan di Das Citarum

Written By Admin Raka on Sabtu, 26 Mei 2018 | 11.30.00

PURWAKARTA,RAKA- Sedikitnya ada enam titik kerusakan akibat erosi di sepanjang daerah aliran sungai Citarum  di wilayah Purwakarta. Kerusakan tersebut berada di Kecamatan Maniis dan Tegalwaru. Hal ini diketahui setelah jajaran Kepolisian dari Polres Purwakarta menerjunkan petugas tim survei dan pemetaan terkait dengan kondisi terkini sungai Citarum yang melintasi wilayah tersebut.

Kepala Tim Survei dan Pemetaan Polres Purwakarta AKP Febrianto yang mengatakan, survei dan pemetaan DAS Citarum ini merujuk pada Perpres tentang Citarum Harum. Karena itu, seluruh elemen dan stakeholder saat ini fokus pada normalisasi Citarum. "Kemarin, kita seharian sudah menyusuri Citarum. Hasilnya, kita menemukan kerusakan akibat erosi di sepanjang DAS Citarum yang masuk wilayah Purwakarta," ujarnya, kepada sejumlah media, Jumat (25/5).

Febri menjelakan, kerusakan tersebut sudah diinventarisasi. Untuk selanjutnya, menjadi bahan laporan kepada Kapolres Purwakarta AKBP Twedi Aditya Bennyahdi. Dengan begitu, diharapkan segera ada solusi untuk mengatasi kerusakan ini. Ia mengatakan, berdasarkan pengamatan pihaknya, kerusakan DAS Citarum ini kategorinya masih sedang. Belum terlihat cukup parah. Meski demikian, kerusakan ini harus segera diantisipasi. Supaya tidak menjadi parah.

Febri menjelaskan, Sungai Citarum yang melintasi Purwakarta, hulunya berada di Kecamatan Maniis, tepatnya di seputaran Waduk Cirata. Lalu, melintasi wilayah Tegalwaru, Sukatani, kemudian ke Jatiluhur dan bermuara di Waduk Jatiluhur. Dari waduk ini, air Citarum kembali mengalir ke hilir melintasi Kecamatan Babakan Cikao sampai Karawang dan Bekasi. Selain soal kerusakan DAS, lanjut Febri, pihaknya juga menyoroti masih adanya titik-titik yang jadi lokasi pembuangan sampah masyarakat. Karena itu, untuk menunjang program Presiden tentang Citarum Harum ini, maka perlud kerja sama lintas sektoral. Serta, butuh dukungan dan kesadaran dari masyarakat yang tinggal di sekitaran DAS Citarum. (gan)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template