4.071 Warga Klari jadi KPM BPNT - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » 4.071 Warga Klari jadi KPM BPNT

4.071 Warga Klari jadi KPM BPNT

Written By Admin Raka on Sabtu, 26 Mei 2018 | 15.30.00

KLARI, RAKA - Keluarga Peneriman Manfaat (KPM) program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) sudah mulai bisa tersenyum. Pasalnya pembagian kartu BPNT sudah mulai dilakukan.

Kasi Kesos Kecamatan Klari, Asip Suhenda mengatakan, mulai dari hari ini sampai besok seluruh keluarga peneriman manfaat bisa mengambil haknya yaitu sejenis kartu ATM yang digunakan untuk pengambilan BPNT. "Pembagiannya besok dua hari di kecamatan," ucapnya.

Untuk bisa mendapatkan kartu ATM nanti, setiap KPM akan dibagikan kupon sesuai dengan kuota yang dibutuhkan di masing-masing desa. Sehingga mereka yang tidak membawa kupon terpaksa tidak akan bisa mendapatkan bantuan. "Kupon sudah kita bagikan juga ke setiap desa, jadi kalau ada masalah yang tidak mendapatkan kupon itu bisa ditanyakan ke desa masing-masing," jelasnya.

Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Klari, Muhidin menyampaikan, program dari Kementrian Sosial tersebut kali ini bisa dinikmati oleh maayarakat Karawang. Meski sebelumnya mengalami berbagai kendala sehingga realisasi BPNT terus diundur. "Besok sudah mulai bisa dibagikan," ucapnya.

Dia juga menjelaskan, penerima program tersebut datanya diambil dari pusat. Maka tidak akan ada lagi baik petugas desa RT maupun kecamatan yang berhak memilih penerima bantuan. "Untuk penerima bantuan juga sudah ditentukan dari Kemntrian Sosial langsung," ungkapnya.

Untuk Kecamatan Klari sendiri kata dia, ada sebanyak 4.071 KPM yang mendapatkan BPNT, Desa Anggadita 260 KPM, Desa Belendung 379 KPM, Cibalongsari 435, Cimahi 301, Curug 383, Duren 435, Gintungkerta 529, Karanganyar 420, Kiarapayung 57, Klari 177, Pancawati 299, Sumurkondang 241 dan Desa Walahar sebanyak 155 KPM. "Tidak ada perubahan data bagi masyarakat yang belum mendapatkan kupon bisa segera diverifikasi," terangnya.

Untuk BPNT sendiri, tidak berupa uang namun kartu yang bisa dituker dengan berbagai kebutuhan pokok kehidupan sehari-hari seperti beras, telur dan lain-lain yang disedikan di toko atau warung yang khusus menjadi agen BPNT. "Besarannya Rp110 ribu perbulan, dan hanya bisa ditukarkan dengan sembako yang ada di warung," jelasnya.

Camat Klari, Rachmat mengaku, bahwa dengan berjalannya program sosial setidaknya bisa membantu mengurangi beban masyarakat yang kurang mampu. Anggaran yang bisa dinikmati oelh masyarakat tersebut akan berjalan rutin setiap bulan. Maka dia berpesan agar masyarakat bisa memanfaatkan bantuan itu dengan baik. "Semoga bisa berjalan dengan baik dan lancar dan bisa bermanfaat buat masyarakat," pesannya.

Kasi Kesos Desa Duren, Egin menilai, bahwa dengan adanya hibah bantuan sosial tersebut sangat membantu kehidupan masyarakat miskin dalam memenuhi kebuthan sehari-hari. Karena masih banyak masyarakat yang benar-benar membuthkan bantuan. Namun pembagian kartu sehatusnya tidak dibagikan secara mendadak. "Pembagian kupon sama pembagian kartu cuman berselang sehari, jadi ribet di desanya kalau mendadak," akunya.

Salah satu Keluarga Penerima Manfaat (KPM), Dartih, warga Desa Duren berharap, bantuan dari pemerintah pusat tersebut bisa segera berjalan dan bisa dinikmati oleh keluarga yang membutuhkan. "Nunggu petugas yang membagikan lama jadi datang sendiri ke desa," ucapnya. (yna)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template