309 Surat Suara Rusak - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » 309 Surat Suara Rusak

309 Surat Suara Rusak

Written By Admin Raka on Senin, 28 Mei 2018 | 11.30.00

PURWAKARTA, RAKA- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purwakarta melakukan kegiatan penyortiran dan pelipatan surat suara pemilih Bupati dan Wakil Bupati Purwakarta yang akan digunakan untuk pencoblosan pada 27 Juni 2018 mendatang. Per Sabtu (27/5) kemarin, terdapat 309 surat suara rusak.

Ketua KPU Purwakarta Ramlan Maulana mengatakan, pada proses pelipatan ditargetkan akan rampung maksimal sampai lima hari kedepan dengan melibatkan 150 personel. "Mudah-mudahn bisa selesai sesuai dengan waktu yang ditargetkan," ujarnya , di Aula KPU di Jalan Flamboyan. Sabtu (26/5).

Menurut Ramlan, untuk proses pengerjaannya sebelum dilipat surat suara harus diperhatikan secara detail dan dipastikan tidak mengalami kerusakan atau cacat. "Misalnya ada satu titik saja tinta yang berlebihan, maka surat yang seperti itu akan dipisahkan dan dihitung, kemudian akan diganti oleh pihak percetakan," katanya.

Selain itu, untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, pihaknya memastikan area pelipatan steril dari orang selain pihak yang terlibat dalam pelipatan. "Total surat suara yang diterima 669.835 surat suara merupakan kebutuhan berdasarkan daftar pemilihan tetap (DPT) pada pilkada ditambah 2,5 persen surat suara cadangan," kata Ramlan.

Sementara di tempat yang sama, dalam pengawasannya Panwaslu Purwakarta menemukan adanya beberapa surat suara yang rusak, gambar tidak jelas serta ada tumpahan tinta pada gambar. Per Sabtu (27/5) kemarin, surat suara yang rusak terdapat 309 kertas. "Surat suara yang rusak tersebut disortir untuk diganti dengan yang bagus begitu selesai proses sortir secara kesseluruhan," ujar Ketua Panwaslu Purwakarta, Oyang Este.

Menurutnya ada beberapa petugas yang kedapatan tidak melihat dulu surat suara dan langsung melipatnya, "Ini melanggar SOP sortir. Akhirnya petugas tersebut diingatkan dan ditegur," tuturnya.
Pihaknya menghimbau petugas bekerja tidak kejar target, tapi kerja tuntas. "Artinya bekerja dengan tidak terburu-buru, tapi tuntas dengan baik sesuai prosedur yang telah ditetapkan KPU," pungkasnya. (gan)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template