16 Peserta Diuji Hafalan Alquran Juz 30 - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » 16 Peserta Diuji Hafalan Alquran Juz 30

16 Peserta Diuji Hafalan Alquran Juz 30

Written By Admin Raka on Kamis, 31 Mei 2018 | 13.30.00

PURWAKARTA, RAKA - Yayasan Sumber Daya Insani (Yasri) Purwakarta menggelar Munaqosah Tahfidz Alquran tahun pelajaran 2017-2018 juz 30 di Masjid Al Ihsan Yasri Purwakarta. Ujian tahfidz tersebut mengangkat tema salah satu ayat Alquran yakni Alquran surat Al Hijr ayat 9 dengan 16 peserta yang berasal dari SDIT Cendekia dan 1 siswa SMPIT Cendekia.

Ketua panitia Munaqosah Tahfidz Muhammad Raji Mardlotillah mengatakan, munaqosah tahfidz tersebut merupakan kali kedua yang digelar Yasri. "Alhamdulillah kita bisa menggelar kembali munaqosah tahfidz dengan jumlah peserta yang lebih banyak. Diikuti kelas 1 sampai dengan kelas 6 SDIT Cendekia dan seorang siswa dari SMPIT Cendekia," kata Raji.

Ia juga mengatakan, yang diujikan pada munaqosah tahfidz kali ini adalah Alquran juz 30. "Ke-17 peserta yang berhak mengikuti ujian tahfidz ini merupakan hasil seleksi yang dilakukan bertahap. Awalnya diseleksi oleh guru ngaji di kelas, kemudian diseleksi kembali oleh panitia munaqosah tahfidz," ujar Raji, yang juga tercatat sebagai koordinator pembimbing tahfidz ini.

Raji mengatakan, kriteria penilaian pada munaqosah tahfidz diantaranya, hafalan, tajwid, tahsin dan tartil. "Untuk penilaian kami mengundang juri dari luar Yasri, di antaranya, Ustad Cece Suharyana dari Lembaga Tahsin Buqu dan dosen STAI DR KHEZ Muttaqien Didi Ahmadiah. Seorang juri lagi merupakan perwakilan Yasri, Ihsan Faturohman," katanya.

Sementara itu, Kepala SDIT Cendekia Andri Purwanugraha menyebutkan, setiap peserta yang lulus akan mendapatkan sertifikat khusus yang nantinya dapat membantu untuk melanjutkan ke jenjang berikutnya. "Alhamdulillah, keseluruhan peserta dinyatakan lulus, tinggal mengkalkulasi nilai atau skor tiap peserta," ujarnya.

Disisi lain, pembina Yasri Agus Muharam mengatakan, munaqosah tahfidz bertujuan memotivasi anak untuk senang membaca Alquran. "Membiasakan anak membaca dan menghafal Alquran dengan baik dan benar dapat menumbuhkan generasi Qurani yang cinta terhadap Alquran," katanya.

Yang tak kalah penting, sambungnya, adalah peran orang tua di rumah. "Murojaah di rumah menjadi bagian penting. Di sini peran orangtua untuk mengingatkan anaknya akan hafalannya," ujarnya.

Lebih lanjut Agus mengatakan, Yasri dan sekolah akan memberikan beasiswa kepada siswa atau santri yang lulus ujian tahfidz. "Levelnya berbeda. Bagi yang memiliki nilai sempurna setaun bebas biaya SPP. Sedangkan yang nilainya mendekati sempurna sekitar 50 persennya. Adapun yang melanjutkan ke SMPIT ada reward gratis SPP, sementara yang melanjutkan ke sekolah lain akan mendapatkan cenderamata," ucapnya.(ris)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template