1000 Batang Pohon Hijaukan Sungai - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » 1000 Batang Pohon Hijaukan Sungai

1000 Batang Pohon Hijaukan Sungai

Written By Admin Raka on Rabu, 16 Mei 2018 | 16.00.00

KARAWANG, RAKA - Pemerintah Daerah Karawang idealnya melakukan hal serupa yang dilakukan di Sungai Citarum terhadap Sungai Cilamaya. Seperti Selasa (15/5) sebanyak 1000 batang pohon ditanam di bantaran sungai itu.

"Penanaman pohon ini merupakan komitmen pemerintah Kelurahan Tanjungpura bersama pemerintah Kabupaten Karawang dan juga sejumlah perusahaan yang beroperasi di Karawang guna mendukung program pemerintah Citarum Harum. Kabupaten Karawang dilintasi Sungai Citarum sejauh 129 kilometer atau hampir setengah dari panjang Sungai Citarum yang mencapai 300 kilometer," ucap koordinator kegiatan penanaman 1000 pohon Abdul ajiz.

Dikatakan Abdul Azis pohon tersebut masing-masing sudah dipersiapkan pemerintah berdasarkan jenis yang dibawa dan dipersiapkan. "Jenis pohonnya macam-macam seperti pohon mangga, mahoni, dan bambu. Setiap warga boleh memilih jenis pohon tersebut dan kemudian kita tanam bersama-sama," katanya.

Abdul ajiz juga mengatakan, Sungai citarum merupakan sungai terpanjang di Jawa Barat yang memiliki panjang 300 km, dan 129 kilometer berada di Karawang. Namun, sangat disayangkan kondisi saat ini Sungai Citarum dicemari limbah domestik, limbah industri dari pabrik, selain limbah peternakan dan perikanan.  "Sungai Citarum memiliki fungsi vital dan bermanfaat karena bisa menjadi sumber air bagi masyarakat," ucap Abdul Azis.

Tidak sampai disitu, Abdul Azis juga berharap melalui kegiatan penanaman pohon di bahu sungai Citarum itu akan menjadi sumber pertahanan sungai dan resapan yang baik, agar tidak terjadi erosi dan longsor. (yfn)

Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template