100 Persen UNBK, PKBM Masih Perlu Dukungan Pemerintah - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » 100 Persen UNBK, PKBM Masih Perlu Dukungan Pemerintah

100 Persen UNBK, PKBM Masih Perlu Dukungan Pemerintah

Written By Admin Raka on Senin, 07 Mei 2018 | 16.30.00

BATUJAYA, RAKA- Digelar di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Minhajul Falah, Desa Karyamakmur, Kecamatan Batujaya, seluruh warga belajar Paket B kesetaraan SMP telah merampungkan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Dengan rampungnya UNBK, PKBM telah menunjukan keseriusannya dalam menjalankan roda pendidikan melalui program Karawang Cerdas. Secara tidak langsung, PKBM sudah mampu bersaing dan bahkan sedikit melampaui pendidikan formal yang setarap. Di mana, saat ini tidak ada satu pun SMPN di Kabupaten Karawang yang bisa melaksanakan UNBK. Bukan hanya Paket B, sebelumnya PKBM juga telah menyelesaikan UNBK untuk Paket C. "Ini bukti keseriusan kita dalam membina siswa PKBM. Meskipun non formal, tapi kita usahakan semua warga belajar bisa melaksanakan UNBK. Dan alhamdulillah sudah bisa terlaksana 100%," ujar Ketua FK PKBM Kabupaten Karawang, Heru Saleh, kepada Radar Karawang.

Dirinya juga menyebutkan, Pemerintah Kabupaten Karawang dituntut agar lebih serius lagi dalam mengelola pendidikan. Selain itu, perlu adanya dukungan moral maupun moril untuk peningkatan PKBM, agar Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Karawang bisa terus meningkat, khususnya bantuan berupa sarana penunjang UNBK, seperti pengadaan komputer dan lainnya.

Hal senada dikatakan ketua PKBM Minhajul Falah, Ubay. Menurutnya, PKBM merupakan salah satu terobosan yang tepat untuk membangun IPM, khususnya di wilayah terpencil yang aksesnya jauh dari hingar bingar perkotaan. Antusias warga belajar juga menunjukan jika mereka sangat memerlukan adanya PKBM ini, karena dinilai sangat membantu dalam menunjang program pendidikan yang belum sempat mereka rasakan sebelumnya. Ditambah dengan adanya dukungan dan sarana ujian menggunakan media komputer atau biasa disebut UNBK, di mana warga belajar akan lebih memahami cara belajar dan ujian menggunakan sistem komputerisasi. "Perlu adanya dukungan lagi dari pemerintah, agar PKBM bisa menuntaskan minimnya pendidikan di kampung-kampung," tutupnya.

Dengan menyediakan 25 unit komputer, 45 warga belajar PKBM telah menyelesaikan UNBK selama 3 hari yang dimulai dari hari Jumat hingga hari Minggu kemarin. "PKBM merupakan satu-satunya lembaga pendidikan non formal di Kabupaten Karawang yang menyelenggarakan seratus persen UNBK Paket B," tutupnya. (rok)

Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template