Waspadai Kanker Serviks - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , , » Waspadai Kanker Serviks

Waspadai Kanker Serviks

Written By Admin Raka on Sabtu, 28 April 2018 | 11.30.00

Puskesmas Purwakarta Gencarkan Program IVA

PURWAKARTA, RAKA - Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Purwakarta gencarkan program insveksi visual (IVA) sebagai upaya pencegahan penyebaran kanker serviks. Program tersebut merupakan program khusus yang ditujukan untuk perempuan, khususnya perempuan yang sudah menikah. Pemeriksaan tersebut di buka setiap hari Selasa dan Jum'at.

Iot Hermawati, kordinator Bidan UPTD Puskesmas Purwakarta mengatakan, IVA tujuannya untuk melihat seorang perempuan yang pernah berhubungan seks. "Itu pemeriksaan secara langsung untuk mengetahui apakah terkena kanker serviks atau nggak," terang Iot, kepada wartawan.

Disamping IVA, lanjut dia, ada juga pemeriksaan payudara klinis (sadanis) yang bertujuan memeriksa kanker payudara. "Pemeriksaan pemeriksaan payudara klinis, tujuannya untuk memeriksa apakah ada kanker payudara atau nggak," terang dia.

Iot juga megatakan, setelah pemeriksaan IVA dan sadanis, tahapan selanjutnya ialah pemeriksaan pupsmear untuk mengambil cairan lendir serviks yang akan diuji di laboratorium. "Kalau IVA hanya pemeriksaan secara visual, untuk lebih detailnya ada pemeriksaan cairan lendir agar lebih akurat," paparnya.

Selanjutnya, ia mengatakan, ada kendala masyarakat ikut program tersebut, diantaranya kebanyakan masyarakat malu untuk periksa, karena harus memperlihatkan alat kelaminnya saat diperiksa. "Masih belum ada kesadaran perempuan, alasannya malu atau takut ketahuan penyakitnya. Akhirnya yang sudah datang ke dokter sudah stadium lanjut dan tidak bisa tercegah," jelas dia.
Perihal data penderita kanker serviks dan kanker payudara yang ada di Purwakarta Iot enggan mebyebutkan secara detail. (cr2)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template