Warga Leuwiasem Antisipasi Demam Berdarah - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Warga Leuwiasem Antisipasi Demam Berdarah

Warga Leuwiasem Antisipasi Demam Berdarah

Written By Admin Raka on Rabu, 04 April 2018 | 13.15.00

TELUKJAMBE BARAT, RAKA - Untuk mengantisipasi munculnya penyakit demam berdarah, warga Leuwiasem RT 007/02, Parungsari, Telukjambe Barat melakukan kerja bakti membersihkan saluran air dan lingkungan rawan perkembang biakan jentik nyamuk pembawa virus demam berdarah, Selasa (3/4).
Kadus 02 H. Irawan (34) kepada Radar Karawang mengatakan musim pancaroba ini biasanya diikuti munculnya penyakit demam berdarah. Karenanya, sebelum penyakit itu muncul dia mengerahkan warganya melakukan antisipasi dengan membersihkan saluran air dan lingkungan sekitarnya. "Disini warga menjalankan kegiatan itu dengan mengobrol sambil bersilaturahmi," ucapnya. 
Ditambahkan Irawan, antisipasi penyebaran penyakit DBD ini sesuai himbauan Kepala Desa Parungsari Senin lalu untuk mengantisipasi berjangkitnya penyakit mematikan itu. Sehingga warga pun melaksanakan kerja bakti. Kegiatan berlangsung sejak pukul 07.00 WIB dan mengerahkan ibu-ibu serta bapak-bapaknya dengan semangat kerjasama yang tinggi dan penuh kekompakan.
"Bukan cuma parit-paritnya yang dibersihkan tetapi juga sepanjang jalan Dusun Leuwiasem juga dibersihkan untuk mengurangi tempat bertumbuhkembang biaknya nyamuk aedes aegypti yang membawa virus DBD. Selain melakukan kerja bakti warga juga melakukan penanaman tumbuhan obat keluarga (toga) di lahan kosong di wilayah kampung kami," ujar Irawan.
Sementara Kepala Desa Parungsari, Pardi, saat ditemui di kantornya menerangkan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) melalui gerakan 3M yakni Menutup, Menguras, dan Mengubur dinilai perlu digencarkan untuk memberantas penyakit demam berdarah. Kegiatan tersebut merupakan tindakan pencegahan penyebaran demam berdarah yang dapat dilakukan secara mandiri.
"Gerakan kerja bakti cara paling mudah yang dapat dilakukan tanpa mengandalkan tenaga medis. Setiap anggota keluarga dapat melakukannya, termasuk anak-anak. Saya berharap gerakan ini turut melibatkan seluruh elemen dalam pelaksanaannya karena merupakan bagian dari pemberdayaan masyarakat agar peduli terhadap demam berdarah," ucapnya. (yfn)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template