Urus Izin Usaha Bisa di KIIC - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Urus Izin Usaha Bisa di KIIC

Urus Izin Usaha Bisa di KIIC

Written By Admin Raka on Kamis, 12 April 2018 | 16.30.00

TELUKJAMBE TIMUR, RAKA - Rencana Pemerintah Pusat membangun bandara dan kereta api cepat serta sejumlah proyek berskala nasional di Jaya Barat turut memacu tingginya investasi ke Karawang. Terkait itu Pemerintah Karawang, baru-baru ini, meresmikan Pelayanan Perizinan Satu Pintu (PPSP) Kawasan industri Karawang Internasional Industrial City (KIIC).
Peresmian langsung dilakukan Bupati Cellica Nurrachadiana didampingi muspida dan sejumlah pengusaha di kawasan tersebut. PPSP ini merupakan implementasi Peraturan Presiden nomor 91 tahun 2017 tentang Percepatan Pelaksanaan Berusaha  untuk menyelesaikan hambatan dalam proses perizinan.
Baik perizinan yang berkaitan dengan kegiatan operasional investor maupun investor yang baru akan memulai usahanya. "Percepatan pelaksanaan berusaha akan merubah paradigma di tubuh birokrasi dari pemberi ijin menjadi pelayanan perizinan sebagai salah satu upaya meningkatkan daya saing investasi," ucap bupati.
Ketentuan mengenai perizinan sendiri telah diamanatkan dalam peraturan pemerintah no 142 tahun 2015 tentang kawasan industri dalam pasal 35 ayat (3) yakni pengelola kawasan industri wajib memfasilitasi pelayanan perizinan satu pintu untuk memenuhi layanan cepat, sesuai peraturan kepala instansi pemerintah pusat yang menyelenggarakan pelayanan penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu.
Kepala Badan Penanaman Modal dan Pelayanaan Terpadu Satu Pintu (BPMPTSP) Dedi Ahdiat mengatakan PPSP yang di bentuk dalam kawasan industri KIIC diharapkan dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh investor yang akan memulai usaha di kawasan KIIC dan juga oleh tenant-tenant yang ada di KIIC dalam hal pengurusan perizinan. PPSP KIIC bekerja sama dengan Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Kabupaten Karawang untuk pengurusan IMB, TDP, dan SIUP. Untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor di wilayah hukum polda Jabar bekerja sama dengan Bappenda Karawang. Selain itu akan disediakan juga layanan konsultasi untuk pengurusan UKL-UPL, BPJS ketenagakerjaan, BPJS kesehatan dan notaris.
"Jadi nanti para investor kalau mau urus perizinan tidak perlu lagi pergi ke luar kawasan karena mulai hari ini sudah resmi beroperasi PPSP di KIIC," ujar Dedi.
Ditambahkan Dedi optimis, kerja sama Selain itu, tambahnya, Pemkab akan terus mempermudah perizinan. Selain dengan perizinan secara online, juga akan menyiapkan perizinan di tingkat kecamatan. "Beberapa izin yang bisa diurus langsung di kecamatan, tidak perlu datang ke kantor DPMPTSP," imbuhnya.
Sementara itu, Ketua Umum Himpunan Kawasan Industri (HKI) sekaligus Direktur KIIC Sanny Iskandar menyambut baik peresmian PPSP di KIIC. "Ini sekaligus amanat dari Pemerintah Pusat dan saya sambut baik. Saya sebagai Ketua HKI sudah umumnya memfasilitasi investasi di kawasan industri," jelasnya.
Berdasarkan catatan DPMPTSP, investasi di Karawang pada tahun 2017 mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya. Pada 2017, investasi PMA mencapai Rp25,3 triliun, sedangkan untuk PMDN mencapai Rp18 triliun. (yfn)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template