Ujian Praktek Jadi Nilai Tambah Kelulusan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Ujian Praktek Jadi Nilai Tambah Kelulusan

Ujian Praktek Jadi Nilai Tambah Kelulusan

Written By Admin Raka on Rabu, 04 April 2018 | 16.00.00

KUTAWALUYA, RAKA- Bukan hanya Ujian Nasional (UN) ataupun Ujian Akhir Sekolah (UAS). Kelulusan siswa dalam menempuh pembelajarannya ditentukan juga oleh ujian praktek. Karena hasil ujian praktek akan dijumlahkan dengan ujian tulis dibagi dua. Ujian praktek ini dikategorikan dengan ujian yang menarik, karena siswa bukan hanya mendapat nilai dari hasil kecerdasan pikirannya. Namun lebih kepada nilai sikap dan keterampilan siswa.
Seperti yang di laksanakan di Sekolah Menengah Pertama Negri (SMPN) 2 Kutawaluya, 10 mata pelajaran diuji praktekan kepada 290 siswa kelas 12, Selasa (3/4 kemarin). Diantaranya PAI, penjas, seni budaya, pendidikan lingkungan hidup (PLH), IPA, IPS, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Basa Sunda, dan Teknologi Informatika dan Komputer (TIK). "Jadi kalau anak tidak ikut ujian praktek atau nilai ujian prakteknya jelek, otomatis akan berpengaruh terhadap kelulusan siswa tersebut," ujar Kepala SMPN 2 Kutawaluya Drs Uus Sugiana M.Pd, saat ditemui di ruangannya.
Diteruskan pria yang mendapatkan prestasi peringkat ke-3 kepala sekolah berprestasi ini, kelulusan ujian sekolah baik ujian tulis maupun ujian praktek, dan siswa mempunyai nilai sikap serta perilaku baik. Menjadi nilai tambah tersendiri yang bisa menentukan kelulusan siswa.
Salah satu siswa kelas 9F, Rudi Hakim, mengatakan, sebagai salah satu tim basket SMPN 2 Kutawakuya (Dakuta), menjelang ujian praktek maupun tertulis di sskolah memang menjadi momok yang menakutkan, namun lain halnya setelah menjalaninya. Justru merasa lebih asyik dengan ujian praktek daripada ujian tertulis. Karena di nilai lebih santai. "Menghadapinya aja, setelah ikut serta mah santai-santai aja," ucapnya. (rok)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template