Tuyemi Mencari Uang dengan Topeng - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Tuyemi Mencari Uang dengan Topeng

Tuyemi Mencari Uang dengan Topeng

Written By Admin Raka on Sabtu, 21 April 2018 | 13.00.00

TELUKJAMBE TIMUR, RAKA - Keberadaan pengamen jalanan di wilayah Kecamatan Telukjambe Timur sudah cukup ramai. Bahkan pengamen perempuan pun tidak mau ketinggalan eksis. Mereka mengais rezeki dengan mendatangi kantor dan warung juga toko di wilayah Kecamatan itu.
Yanih (28) dan Tuyemi (54) misalnya, ibu dan anak ini membawa alat bantu semacam tape recorder dan berkeliling di wilayah Telukjambe Timur untuk mendapatkan perhatian dari orang yang memberinya uang. Bahkan Tuyemi pun mengenakan topeng agar bisa menarik perhatian masyarakat untuk berkumpul dan mau mendengarkan lagu yang di nyanyikan.
"Saya tidak punya pekerjaan. Mau jadi petani saya tidak punya sawah, mau kerja di pabrik ijazah cuma SMP makanya daripada menganggur menjadi pengamen pun tak apa, yang penting halal," ucap Yanih, warga Kecamatan Pamanukan, Kabupaten Subang ini, Jumat (20/4). Yanih mengaku berangkat dari rumahnya sekitar pukul 07.00 Wib dan langsung ke Karawang menggunakan bis dan terkadang kereta api.
Selain di wilayah Karawang Kota Yanih dan Tuyemi juga kerap mengamen di wilayah Cikampek dan Bekas. Yanih mengaku menjadi pengamen bukan pilihan akan tetapi karena desakan ekonomi maka pekerjaan itupun dilakukan. Terutama sejak suaminya meninggalkan dirinya beserta seorang anak anak yang mesti dihidupinya. Sementara bapaknya yakni suami Tuyemi pun sudah tidak bisa melakukan apa-apa. Sehingga praktis untuk kehidupan sehari-hari merekalah yang mencarinya.
Disinggung mengenai pendapatan yang diperoleh dalam satu hari, Tuyemi mengatakan bisa membawa pulang uang sebesar Rp 100 ribu hingga Rp 200 ribu. Dan, hasil mengamen itulah yang digunakan sehari-hari untuk kebutuhan dapur mereka. Tuyemi mengaku pekerjaan yang digeluti dengan anaknya itu sudah berlangsung 3 tahun lamanya. Awalnya malu, akan tetapi lama kelamaan menjadi terbiasa. "Awalnya saya sempat malu juga, dan semenjak di pasang topeng, ya saya masa bodo saja yang penting saya tidak melakukan hal yang dilarang," akunya. (yfn)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template