Tunggu Ada Blanko Baru Perekaman - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Tunggu Ada Blanko Baru Perekaman

Tunggu Ada Blanko Baru Perekaman

Written By Angga Praditya on Selasa, 17 April 2018 | 16.00.00

KARAWANG, RAKA - Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Yudi Yudiana dengan tegas meminta agar camat membantu dinasnya untuk menggerakkan warganya yang belum perekaman agar melakukan perekaman KTP Elektronik.
"Program kita ke setiap desa sudah berjalan, bahkan setiap petugas di masing-masing kecamatan juga sudah mendapatkan jadwal untuk datang langsung ke setiap desa guna melayani masyarakat yang membuat dokumen kependudukannya," tandas Yudi, Senin (16/4).
Menurut Yudi, himbauannya terhadap seluruh kepala pemerintahan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat penting dilakukan agar pelaksanaan Pemilihan gubernur mendatang tidak ada lagi warga yang tidak memiliki KTP. Meski diakui, untuk itupun bukan pekerjaan mudah, sebab tidak sedikit masyarakat yang belum memahami betapa pentingnya identitas kewarganegaaan.
Seperti berlangsung di wilayah Kecamatan Tegalwaru, minat masyarakat untuk melakukan rekam data KTP amat minim. Hal itu lantaran lamanya proses pembuatan kartu tanda penduduk. Padahal kinerja proses rekam data di kecamatan berlangsung normal. Meskipun sosialisasi sudah dilakukan jauh-jauh hari tetap belum mampu mendorong masyarakat untuk melakukan perekaman. 
"Kalau proses rekam data bisa berlangsung sebentar saja. Malah di kantor kecamatan tidak pernah ada antrean. Tetapi saat dibawa ke Capil, blankonya tidak ada. Ini yang membuat masyarakat enggan melakukan perekaman kalau cuma dikash kertas nomor peserta kartu tanda penduduk sementara," Ucap Jali (34) warga Kampung Babakan Tengah, Desa Wargasetra. Akui Jali, proses pengerjaan rekam data di kecamatan tidak ada masalah sama sekali malah berlangsung cepat dan lancar.
Hal senada diungkapkan Dadang (37) warga Kampung Cikelak, Desa Kutalanggeng, proses rekam data masyarakat biasa melakukan di kantor kecamatan Tegalwaru bisa berlangsung cepat. Tetapi proses selanjutnya itu yang menjadikan lama karena adanya blanko yang sudah seperti KTP itu. "Rekam data sudah, bahkan kita sudah dapat blanko dari Kecamatan Tegalwaru, lalu dibawa ke Capil tetapi cuma surat keterangan pengganti KTP yang kita bawa pulang. Data kita sudah valid dan diregistrasi di Capil, nah itu yang lama, makanya kami paling nunggu nanti saja kalau sudah ada blanko nya baru kita bikin KTP nya," tandasnya.
Sementara Kepala Seksi Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kecamatan Tegalwaru, H. Yudi Darmawan.SH menghimbau agar masyarakat mau melakukan rekam data. "Target yang
ditentukan sekitar 360 per bulannya, dan di wilayah Kecamatan Tegalwaru cukup kesulitan, karena mereka berpikir tetap belum bisa mendapatkan blanko KTP," ucapnya.
Sementara, lanjut Yudi, untuk proses rekam data bisa berlangsung cepat, aman dan langsung. Proses selanjutnya karena sistem yang digunakan belum tidak online, maka berkas pun bisa dibawa ke Disdukcapil. "Kami berharap masyarakat jangan resah, kenyataannya rekam data itu pun bisa dipergunakan untuk sesuatu hal yang penting," ucapnya. (yfn)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template