TPS Depan Gading Elok Bau Busuk - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » TPS Depan Gading Elok Bau Busuk

TPS Depan Gading Elok Bau Busuk

Written By Angga Praditya on Selasa, 17 April 2018 | 15.00.00

DLHK Akan Panggil Yayasan Pengelola Sampah

KARAWANG, RAKA - Jorok dan bau busuk. Kesan ini yang muncul setiap kali melintas di depan Perumahaan Gading Elok 1, di Jalan Veteran Irigasi Johar, Kelurahan Karawang Wetan, Kecamatan Karawang Timur. Bahkan aroma busuknya sudah tercium dari jarak 25 meter dari lokasi Tempat Pembuangan Sampah (TPS) tersebut.
Terkait itu, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Karawang, dalam waktu dekat akan memanggil pihak yayasan yang mengelola kebersihan di wilayah tersebut. "Pihak swasta kebijaknnya ada di kepala dinas, kita akan sampaikan," ujar Kabid Kebersihan DLHK Nevi Fatimah melalui pesan singkatnya kepada Radar Karawang, Senin (16/4).
Sebelumnya Nevi ditanya soal kewenangan mengangkut sampah di TPS yang berada persis di depan Perumahaan Gading Elok 1 itu. Hamparan sampahnya yang berbau busuk terhampar disepanjang kurang lebih 20 meter di bantaran irigasi. Bahkan, sering kali karena sudah tidak ada tempat lagi sampah bertaburan di bahu jalan. Sementara tempat sampah besi berkapasitas 1 ton yang disediakan di depan perumahaan itupun tidak mampu menampung semua sampah warga perumahan.
"Kondisi itu pasti tidak baik, kita koordinasikan dengan UPTD wilayah 1 untuk dibenahi dan sampah yang ada untuk diangkut," tambah Nevi. Sejauh ini DLHK, sebut Nevi,
akan terus mencoba menampung keluhan masyarakat terkait banyaknya sampah yang seharusnya mendapatkan perhatian pemerintah daerah, terutama di wilayah perkotaan.
Dikatakan Nevi, dengan sudah dilakukannya pengelolaan oleh pihak ketiga seharusnya kondisi tersebut tidak boleh lagi terjadi, sehingga kepercayaan pemerintah terhadap pihak pengelola bisa dipertanggung jawabkan kepada masyarakat. "Kita akan evaluasi yayasan yang berkaitan," tulisnya.
Nevi mengakui jika masyarakat tidak melaporkan maka pihaknya tidak bisa bertindak untuk menjadikan hal itu bahan evaluasi kinerja pihak ketiga, terutama dalam melaksanakan pekerjaannya dengan baik. "Saya akan koordinasikan dengan UPTD dan pak kadin," ujarnya.
Sementara itu pantauan Radar Karawang di lapangan, bukan hanya keburukan yang terjadi disekitaran lokasi tempat pembuangan sampah itu, selain terlihat kumuh dampak yang ditimbulkannyapun bervariasi, selain tidak membuat nyaman warga sekitar juga dapat mempengaruhi fokus para pengendara saat melintasi lokasi tersebut. Selain berbau busuk tumpukan sampah itupun terlihat seolah tidak difasilitasi untuk layaknya sebuah TPS yang diperuntukan bagi warga yang hendak membuang sampah.
Bahkan seketika dibiarkan terus menerus dimungkinkan air irigasi Tarum Tengah akan tercemar akibat tumpukan sampah yang semakin menggunung. Sementara peran masyarakat untuk menjaga lingkungan perlu ditekankan, agar tidak mengotori saluran air irigasi. Sebab bau busuknya sampah dipastikan akan mengakibatkan beragam penyakit yang ditimbulkan seperti diare dan infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) yang akan muncul. (apk)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template