Tim Paman Diminta Lengkapi Alat Bukti - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Tim Paman Diminta Lengkapi Alat Bukti

Tim Paman Diminta Lengkapi Alat Bukti

Written By Admin Raka on Kamis, 05 April 2018 | 11.30.00

PURWAKARTA,RAKA - Kesal sejumlah baliho jagoannya dirusak oknum tidak bertanggung jawab, tim pemenangan pasangan calon (Paslon) Bupati Purwakarta nomor urut 1, Padil Karsoma-Acep Maman lapor ke Panwaslu Kecamatan Plered.
"Sudah kami laporkan ke Panwascam Plered soal perusakan baliho Padil-Acep Maman," kata Dadan Purmedi, Wakil Sekretaris Tim Pemenangan paslon Padil-Acep Maman, Rabu (4/4).
Dadang berharap, setelah melakukan laporan akan ada tindak lanjut dari pihak panwaslu. "Semoga pihak Panwaslu Kecamatan Plered, dapat mengungkap sekaligus menindak oknum perusakan sejumlah baliho yang ada di wilayah Kecamatan Plered," harapnya.
Sementara, Divisi Penindakan Panwascam Plered Ahmad Seda Ziyad. membenarkan adanya laporan dari tim salah satu paslon Bupati dan Wakil Bupati Purwakarta. Namun kelengkapan laporan tersebut belum memenuhi syarat yang ditetapkan oleh pihak panwaslu. "Pelapor harus melengkapi alat bukti terhadap kasus perusakan tersebut. Karena jika dalam jangka waktu lima hari tidak bisa dilengkapi, maka kasus tersebut tidak dapat dilanjutkan karenakan kekurangan bukti," katanya.
Jika seluruh kelengkapan memenuhi syarat, lanjut Seda, pihaknya bakal menindak lanjut laporan tersebut sebab, sangsi bagi perusak alat peraga kampanye atau tepatnya baliho itu sudah diatur dalam peraturan Bawaslu Nomor 10 Tahun 2015, Pasal 66 huruf g di situ disebutkan siapa yang melakukan perusakan dan dalam pasal 187 ayat 3, pelaku perusakan mendapat ancaman pidana minimal satu bulan penjara dan maksimal 6 bulan, dengan denda 100 ribu rupiah sampai 1 juta rupiah. "Makanya kami imbau kepada masyarakat yang melihat kejadian perusakan APK itu silahkan datang ke Panwaslu. Karena tindakan ini harus diberi efek jera," katanya.
Seda juga mengatakan, masyarakat juga bisa melaporkan langsung kepada panwaslu tindakan perusakan APK. Tetapi tindakan yang dimaksud, apabila terdapat dugaan perusakan secara sengaja. Beda lagi, Jika kerusakan yang terjadi karena akibat faktor bencana alam, seperti terkena angin hingga rusak, dan roboh. "Saya berharap tahapan kampanye dapat berjalan dengan damai, tanpa adanya indikasi tindakan yang tidak sportif. Jangan sampai hanya gara-gara pilihan yang tidak sama, dapat berurusan dengan aparat hukum. Masyarakat perlu waspada terhadap oknum atau sekelompok orang yang berniat mengacaukan pelaksanaan Pilkada dengan mengadu domba paslon secara sengaja dengan melakukan perusakan APK," pungkasnya. (gan)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template