Tiga Kecamatan Sasaran Program Karawang Cerdas - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Tiga Kecamatan Sasaran Program Karawang Cerdas

Tiga Kecamatan Sasaran Program Karawang Cerdas

Written By Angga Praditya on Senin, 09 April 2018 | 14.45.00

BATUJAYA, RAKA- Tiga kecamatan di Kabupaten Karawang menjadi prioritas Program Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) menjalankan program Karawang Cerdas. Tiga kecamatan tersebut diantaranya Kecamatan Banyusari, Kecamatan Batujaya, dan Kecamatan Cilebar. Bertempat di PKBM Nurul Ulum, Dusun Karangmulya, RT 13/03, Desa Segarjaya, Kecamatan Batujaya, digelar sebuah perkumpulan dari masing-masing PKBM se- Kabupaten Karawang, guna merumuskan dan membahas untuk mengembangkan PKBM di masing-masing wilayahnya.
Menurut Ketua PKBM Nurul Ulum, Iman Firmansyah, sejak tahun 2008 PKBM Nurul Ulum didirikan melalui program pemberantasan buta aksara, yang diikuti 350 siswa. Hingga saat ini, melalui program Karawang Cerdas pendidikan non formal PKBM yang dimulai sejak 2017 diikuti oleh paket A, B, dan, C jumlah siswanya berkurang menjadi 150 siswa. "Suatu keberhasilan jika siswa PKBM bisa berkurang, artinya masyarakat sudah tidak lagi buta aksara," ucapnya, kepada Radar Karawang.
Dirinya mengakui, PKBM yang berada di Kecamatan Batujaya berjumlah 11 PKBM, artinya ada di semua desa. Namun pertahun 2017, jumlahnya menjadi 4 PKBM dan kesemuanya beralokasi di pelosok desa.
Sementara itu, FK-PKBM Kabupaten Karawang, Heru Saleh, di Kabupaten Karawang terdapat 3 kecamatan yang menjadi prioritas sasaran PKBM dengan berbagai macam kondisi kekurangannya, khususnya kondisi lingkungan yang membutuhkan banyak sentuhan pendidikan. Terlebih, selain pendidikan, hal yang yang tidak kalah pentingnya yaitu di bidang perekonomian.
Melalui PKBM, lanjut Heru, dengan mengandalkan potensi lokal masing-masing desa, siswanya dilatih agar dapat mengolah lingkungan menjadi barang yang mendatangkan nilai ekonomi, khususnya bagi peserta didik PKBM itu sendiri. "Di setiap desa itu beda-beda potensi lingkungannya, kita arahkan sesuai dengan potensinya lingkungannya sendiri," tutupnya. (rok)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template