Tertibkan Alat Peraga Kampanye Liar - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Tertibkan Alat Peraga Kampanye Liar

Tertibkan Alat Peraga Kampanye Liar

Written By Admin Raka on Selasa, 03 April 2018 | 14.15.00

JATISARI, RAKA - Maraknya Alat Peraga Kampanye (APK) liar Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat di wilayah Kecamatan Jatisari diminta ditertibkan. Terlebih APK yang bertebaran di sekitar jatisari tersebut dibarengi dengan foto anggota legislatif partai pengusung.
"Diharapkan untuk panwascam segera bertindak atas pemasangan spanduk yang tidak sesuai aturan. Serta menindaklanjuti orang-orang yang telah memasang spanduk tersebut," ungkap Badrudin, warga Dusun Bakansewi, Desa Jatisari, Kecamatan Jatisari, kepada Radar Karawang, Senin (2/4).
Karena menurutnya, alat praga kampanye yang bermunculan tidak hanya terdapat di tempat-tempat yang tidak sesuai. Akan tetapi, di alat peraga tersebut juga terpampang para pendukungnya. "Kalau banyak sih tidak, cuman ada beberapa yang sering saya lihat, kalau menurut saya itu tidak sesuai aturan tidak mengikuti alur tahapan-tahapan kampanye, jadi tidak sesuai tempatnya," tegasnya.
Sementara itu, Ketua Panwascam Jatisari Encu Supriatna menyampaikan, sejumlah APK liar Paslon yang melanggar kesepakatan akan segera ditertibkan dengan langkah sesuai prosedur yang berlaku. "APK liar Paslon yang melanggar kesepakatan akan ditertibkan, setelah melakukan monitoring di lapangan," ungkap Encu.
Menurutnya, sebelum melakukan penertiban, akan terlebih dahulu berkomunikasi dengan tim pemenangan pasangan calon (paslon) tingkat kecamatan. "Tentu harus kita sampaikan dulu ke tim pemenangan Paslon di tingkatannya, kalau 1x24 jam tidak diambil kita yang tertibkan," jelasnya.
Masih dikatakan Encu, yang mencetak APK itu adalah KPU. Disamping itu, tim kampanye, KPU dan Panwaslu sudah ada kesepakatan terkait pemasangan APK. "Jadi tegas di aturan KPU nomer 7 tahun 2015, sedangkan kesepakatan waktu itu boleh membuat APK tapi ditempatkan di posko, kalau di luar itu harus ditertibkan," bebernya.
Maka dari itu, dia menegaskan, berbagai fasilitas meski dilakukannya. Hal itu dikarenakan adanya intruksi dan prosedur sebelumnya yang sudah ditentukan. "Intruksi dari Panwaslu, Panwascam harus memfaislitasi tim kampanye, misal di posko pemenangan boleh memasang APK dari tingkat kecamatan sampai desa dan kantor partai di kecamatan," pungkasnya. (ian)

Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template