Telat Datang Siswa Dijemput - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Telat Datang Siswa Dijemput

Telat Datang Siswa Dijemput

Written By Admin Raka on Selasa, 03 April 2018 | 14.30.00

Mimik Tegang Warnai Hari Pertama UNBK

PANGKALAN, RAKA - Mimik wajah tegang mewarnai pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) hari pertama di SMK Iptek Sanggabuana, Pangkalan. Puluhan siswa yang mengikuti ujian tersebut nampak cemas khawatir tidak bisa mengisi soal yang diujiankan.
"Saya khawatir hasilnya tidak memuaskan karena saya mengakui hasil belajar saya tidak maksimal dan beberapa soal yang ada di dalam ujian tidak pernah saya dapatkan saat belajar dulu," ucap Dandi Hermawan, siswa kelas 12 TPMI 1 SMK Iptek Sanggasbuana, Senin (2/4) usai mengikuti ujian.
Menurutnya meski sudah mengikuti simulasi dan pelatihan selama tiga bulan, dirinya tetap waswas. Meski demikian, Dandi berharap untuk ujian selanjutnya dia akan lebih mantap lagi. Simulasi dan pelatihan yang diberikan sekolah sudah cukup menjadi bekal menjawab soal-soal ujian. Cuma hari pertama tadi saya, dia merasa tegang. 
Sementara Kepala Sekolah SMK Iptek Sanggabuana H. Asep Suprayogi. S.Pd. MM, memastikan semua siswa sudah siap mengikuti UNBK. Selain karena mendapatkan bimbingan khusus sejak Januari lalu, siswa juga mengikuti simulasi dan latihan ujian online. "Secara kasatmata sudah siap seratus persen. Kita tinggal pasrahkan dan berdoa kepada Tuhan agar UNBK berjalan sesuai rencana. Perihal rasa waswas siswa, saya anggap manusiawi karena karena belum tahu soal apa yang akan diujiankan," tandasnya.
Di tempat terpisah, Wakil kepala sekolah Obay Sopandi sempat mengingatkan peserta ujian agar fokus terhadap soal-soal yang diujiankan. Memang, ada beberapa siswa yang belum membereskan persoalan administrasinya, dan itu sempat mengganggu pikiran siswa. "Kita fokus terhadap ujian ini dulu. Makanya untuk siswa yang belum bayaran tetap diperbolehkan mengikuti ujian," tandas Obay dan menambahkan bahkan ada orang tua siswa yang mengadukan perihal bayaran yang masih menunggak.
Disinggung siswa yang berhalangan tidak mengikuti ujian, Obay langsung mengatakan, semua siswa di sekolah mengikuti ujian nasional hari pertama itu. Meski sebelumnya memang sempat ada siswa yang nyaris tidak ikut ujian. "Memang, ada seorang siswa asal Kampung Palasari, Desa Kutalanggeng yang sampai siang tidak ada kabar, kita langsung jemput agar bisa ikuti ujian," terang Obay.
Obay menambahkan ujian yang berlangsung kemarin langsung dipantau bukan saja dari Dinas Pendidikan dan Yayasan tetapi juga Polsek Pangkalan ikut memantau pelaksanaan UNBK. Hari pertama UNBK tersebut siswa harus mengisi soal pelajaran Bahasa Indonesia. Sementara peserta ujian mencapai 231 siswa dan terbagi dalam tiga jurusan yakni Teknik Pemeliharaan Mekanik Industri (TPMI), Teknik Kendaraan Ringan (TKR) dan Administrasi Perkantoran (AP). 
Pembagian jadwal ujian di bagi dalam tiga sesi, yaitu sesi pertama pukul 7.30.WIB, ke dua pukul 10.30 Wib dan sesi ketiga pukul 14.00 Wib serta menggunakan dua ruang.
Untuk jumlah peserta masing-masing kelas disesuaikan kapasitas komputer. Ruang pertama diisi 39 peserta dan ruang kedua 38 peserta. Sedangan antisipasi terhadap gangguan listrik pihak sekolah sudah mempersiapkan genset. (yfn)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template