Target PBB Tahun Ini 232 Miliar - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Target PBB Tahun Ini 232 Miliar

Target PBB Tahun Ini 232 Miliar

Written By Angga Praditya on Rabu, 04 April 2018 | 15.00.00

KARAWANG, RAKA - Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Karawang tahun ini balapan mengejar target pajak daerah, baik dari sektor Pajak Bumi Bangunan (PBB) maupun  Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB).
Kepala Bidang PBB BPKAD Endang Chahendra kepada Radar Karawang, Selasa (3/4) mengatakan tahun ini upaya dalam meningkatkan penghasilan dari bidang pajak bumi dan bangunan terus digenjot. Pihaknya memiliki satu langkah baru diawal tahun 2018. "Targetan kita tahun ini untuk PBB 232 miliar, ada peningkatan sedikit dari tahun kemarin," katanya di ruang kerja.
Dikatakan Endang, bahkan buktinya nyata yang dilakukan BPKAD tahun inipun telah melakukan pemberian Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT) yang telah dilakukan pada awal bulan 2018 lalu. "Selain kita melakukan sosialisasi kepada masyarakat di Januri kemarin kita sudah berikan kepada pemerintahan Desa SPPT secara masal dimana jika tahun sebelumnya diberikan pada bulan Juni tapi tahun ini dilakukan diawal tahun," ujarnya.
Alhasil dari upaya tersebut, lanjut Endang, dari sektor pajak bumi dan bangunan yang terjadi pemasukan sejak awal tahun ubu. Bahkan, ditandaskan Endang untuk triwulan pertama saja pihaknya sudah mendapatkan sekitar 5.7 persen PBB. "Untuk wilayah pedesaan terutama masih perlu digenjot pajaknya. Dimana mayoritas warganya sebagai petani dan nelayan, sehingga pada tahun sebelumnyapun menjadi lokasi yang pendapatan dari PBB nya kurang," terang Endang.
Sementara untuk kawasan industri seperti KIIC, KIM, Suryacipta, Indotaise, dan Pupuk Kujang target pajaknya sudah berjalan. Sedangkan di pedesaan yang caklupannya kecil pihaknya telah melakukan diskusi dengan pihak kecamatan dan desa, agar disosialisaikan kepada wajib pajak. Jangan sampai menunggu jatuh tempo. "Tapi yang terjadi kalau kondisi di pedesaan itu melihat adanya panen," ujarnya.
Setelah PBB yang dibidangi Endang juga menyangkut dengan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) dimana tahun ini telah masuk mencapai 13.67 persen. "Untuk BPHTB saat ini targetannya 285 miliar sampai maret ini," tegasnya. (apk)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template