Suket Manual Belum Jamin Syarat Hak Pilih - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Suket Manual Belum Jamin Syarat Hak Pilih

Suket Manual Belum Jamin Syarat Hak Pilih

Written By Admin Raka on Rabu, 18 April 2018 | 16.00.00

CILAMAYA WETAN, RAKA - Meski sudah perekaman sekalipun tetap belum menjamin bisa langsung memiliki blanko fisik KTP el. Karenanya untuk mengantisipasi berbagai kepentingan terkait fungsi KTP el, Disdukcatpil menerbitkan Surat Keterangan (Suket) manual terdaftar sudah direkam dan Suket terdaftar pengganti KTP el. Dari dua jenis suket tersebut, suket manual masih belum menjamin legalitas masyarakat sebagai hak pilih, karena bukan Suket pengganti KTP el.
Kasie Pelayanan Kecamatan Cilamaya Wetan Ibrahim, kemarin, mengatakan, dari 351 data hasil coklit KPUD, masyarakat yang baru direkam sebanyak 195 orang, bahkan hasil validasi ulang dengan dasar NIK masih ada 24 warga yang memang masih dibawah umur alias belum wajib KTP, bahkan 2 orang diantaranya ada data yang diberikan di Desa Sukakerta tapi yang muncul dari SIAK justru di Desa Tegalsari.
Karenanya, data dari KPUD ini ia validasi ulang bersama operator untuk menghindari kesalahpahaman dari jumlah yang disodorkan catatan sipil. "Dari 351, sudah masuk perekaman 195, bahkan ternyata 24 orang masih dibawah umur alias belum wajib KTP," katanya.
Ibrahim menambahkan, jika masyarakat yang sudah direkam, keberadaan Suket tidak bisa diprediksi bisa didapati, terutama Suket pengganti KTP el dan bukan Suket manual. Ada yang cepat bisa sehari selesai karena setelah direkam datanya langsung masuk, ada pula yang sampai sebulan. Namun, mengantisipasi lamanya Suket pengganti KTP el tersebut, pihak Catpil sudah mempersiapkan Suket manual dengan keterangan bahwa yang bersangkutan sudah direkam dan formatnya ada dua lembar.
Persoalannya, jika masyarakat belum mendapatkan KTP el fisiknya atau Suket pengganti KTP el sementara, apakah Suket manual ini bisa jadi pra syarat warga untuk bisa memiliki hak pilih di Pilkada, atau tidak. Hal ini, sebut Ibrahim yang belum didapati kabar lanjutannya dari KPUD. Hanya saja menurut hematnya, sepatutnya Suket manual yang berisi keterangan bahwa yang bersangkutan sudah direkam, bisa dijadikan dasar warga jadi bagian dalam hak pilih, betapapun di Daftar Pemilih Tambahan (DPTb).
"Suket itu ada dua, sebelum memiliki Suket terdaftar dan KTP el masih menunggu, ada juga Suket manual yang berisi keterangan bahwa yang bersangkutan sudah direkam, nah saya rasa dua-duanya syah untuk dijasikan dasar hak pilih warga," ungkapnya.
Memenuhi data KPuD, pihaknya terus menggenjot perekaman. Walaupun dalam data coklit ada nomor NIk, namun ia meminta warga melampirkan KK saat hendak perekaman. Ia berharap, masyarakat bisa aktif bersama kadesnya mensosialisasikan percepatan perekaman KTP el, agar di bulan Juni tahun ini bisa menggunakan hak pilihnya. "Walaupun dalam data coklit ada nomor NIK, tapi saat perekaman ia harap warga tetap membawa KK," ungkapnya. (rud)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template